KOMPARASI PERILAKU LENTUR BALOK T BETON TULANG BERLAPIS AKIBAT BEBAN STATIS MONOTONIK DAN STATIS SIKLIK

Authors

  • Syahrul Sariman Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Bosowa
  • Abd. Rahim Nurdin Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Bosowa

Keywords:

Balok-T berlapis, rongga botol plastik, Beban Statis monotonik dan statis siklik

Abstract

Jembatan gelagar beton  bertulang type balok-T,  merupakan  konstruksi jembatan yang paling banyak digunakan  di Indonesia.  Dari beberapa  peraturan pembebanan  jembatan yang pernah  dibuat,  pada prinsipnya menggunakan beban bergerak berupa beban terbagi rata dan beban garis  yang  dalam aplikasinya dalam desain  diasumsikan sebagai  beban statik ekivalen.  Prinsip perhitungan struktur diatas dua tumpuan sebagaimana halnya girder jembatan beton bertulang akibat momen lentur adalah bahwa bagian tekan dipikul oleh penampang beton sedangkan bagian tarik sepenuhnya dipikul oleh besi tulangan, dengan demikian ada penampang  beton   pada bagian tarik dibawah garis netral yang tidak diperhitungkan memikul beban,    Berkaitan dengan hal itu pada penelitian ini akan dilakukan pengujian perilaku balok-T  akibat tegangan  lentur  dengan rongga botol plastik pada penampang tarik.  Ada beberapa pertimbangan yang mendasarinya antara lain   pembuatan rongga  akan  mengurangi berat balok, mereduksi penggunaan  beton dan semen, serta  memanfaatkan limbah botol plastik.   Bila dikaitkan dengan isu lingkungan, pengurangan semen berarti mengurangi  potensi pencemaran akibat gas CO2 dan pemanfaatan limbah botol plastik  berarati mereduksi pencemaran lingkungan akibat  bahan plastik yang  sulit terurai.
Balok uji  dibuat dalam 2 kondisi  yakni   sebagai balok- T semu dan balok-T murni dengan penampang  diambil dari penampang girder jembatan beton bertulang standar dengan skala 1 : 3 yang kemudian   masing-masing diuji dengan  beban statis  yang mewakili  beban  tetap   dan beban statis berulang yang merupakan perwujudan dari beban bergerak pada jembatan.  Hasil yang diharapkan dalam penelitian antara lain dapat mengetahui perbandingan  kemampuan memikul beban pada balok-T,  baik akibat  perbedaan lebar efektif, maupun akibat  adanya rongga pada  pada penampang   tarik .
Selain itu juga  untuk merumuskan perbedaan perilaku lentur, menyangkut (hubungan beban – lendutan, kekakuan  dan  daktilitas)  baik pada beton maupun pada baja tulangan, dalam memikul beban statis monotonik dan beban statis siklik.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-12-15