Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar
Keywords:
Media Pembelajaran, Digital, Hasil Belajar, MakassarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan analisis deskriptif, prasyarat, dan uji-t. Dari hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif kelas IV A dan kelas IV B, dimana hasil belajar kelas IV B sebagai kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t (Independent sampel test) diperoleh thitung > ttabel = 5,405 > 1,673, dimana nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,00 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis digital berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar
References
Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis.
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84.
Alrasydin, A. F. A. (2023). Penggunaan Media Digital Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Sd Alkaffah Batam.
Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, R., Hartino, A. T., & Eska, P. U. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik.Semnas FKIP 2021, Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung16 Februari 2021, Bandar Lampung.
Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aspari, A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital dan Kelas Literasi Secara Bersama-Sama Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 13(1), 47-59.
Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (Online). Vol.8 No. I,
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital. PT Remaja Rosdakarya.
Edukasi, J., Sains, D., Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. 2021. Edisi Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Sains. Oktober, (Online), 3(3), 542–557.
Fauzan, M. (2020). Pemanfaatan Media Digital untuk Pengenalan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 352-364.
Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.
Hamdan Husein Batubara, M. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Semarang: CV Graha Edu.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio audio podcasts as audio-based learning resources. Jurnal Teknodik, 304-314.
Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pada era digital. Al Maktabah, 19(1).
Milanda, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Penelitian Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10-17.
Senduk, E. P., & Karouw, S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
Wijaya, A. M. R., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media pembelajaran digital sebagai sarana belajar mandiri di masa pandemi dalam mata pelajaran sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1-10Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fiqrah Syalwana Akbar, Burhan Burhan , Susalti Nur Arsyad
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.