Pengaruh Penguasaan ICT (Information And Communication Technology) Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Authors

  • Amelia Paramma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Ahmad Swandi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa

Keywords:

ICT, Kinerja Mengajar, Guru

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan ICT (information and communication technology) terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar negeri di gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri yang berada di gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 38 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penguasaan ICT terhadap kinerja mengajar guru dilihat dari regresi linear yang memiliki persamaan bernilai positif

References

Ajizah, I. (2021). Kebutuhan Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan dan Kekurangan pada Revolusi Industri 4.0. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(1), 25–36.

Akbar, A. (2021). Kompetensi Pedagogis Guru: Pentingnya, Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.

Budiana, I. (2021). Menjadi Guru Profesional di Era Digital. Jiebar: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 02, 2. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2

Lubis, N. S., & Anriani, N. (2023). Implementasi Model Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles (CSE-UCLA) dalam Penilaian Kinerja Guru. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 860–866.

Miranti (2023). Kinerja Guru Sekolah Berbasis Agama di Balangan: Dampak Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah (Studi Kasus di Sman 2 Halong). 1(6), 477–487, Jurnal Pendidikan dan Pelatihan Guru.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Purwasih, R., dan Apsari, Y. (2021). Tingkatkan Kemampuan MA di Era Pasca COVID-19, Guru Cahaya Harapan Melalui Pelatihan Blended Learning Berbasis LMS Moodle. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4.

Sancoko, C. H. (2022). Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 7, 1–14.

Sidiq, U. (2018). Etika & Profesi Keguruan (A. Ikhwan, Ed.; 1 ed.). STAI Muhammadiyah Tulungagung.

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/eq ui.v18i2.4154

Subandi, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru (di Sekolah Islam Ruhama Ciputat Tangerang Selatan) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1).

Toyo, J., Reza, R., Fitriani, F., Lifanda, L., & Mardan, L. W. (2022). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru pada smpn 1 tomia. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(01), 62-70.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48–59.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Paramma, A., Burhan, B., & Swandi, A. (2025). Pengaruh Penguasaan ICT (Information And Communication Technology) Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. EduPrimaria of Journal, 1(1), 09–13. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4310