OPTIMALISASI PERAN SUMBER DAYA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID 19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

Authors

  • Berthin Metang PAUD Bina Mandiri Kec. Malili Kab. Luwu Timur
  • Chahyono Chahyono Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1498

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Covid 19, PAUD, Malili

Abstract

Kondisi Covid ini merupakan hal yang tak terduga bagi pemerintah, guru, orang tua dan anak.  Pendidik/guru dan orang tua tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar mengajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dengan jangka waktu yang tidak tentu. Namun kebijakan pemerintah ini membuat para pendidik terutama di lembaga PAUD panik dan bingung untuk memulai pelaksanaannya. Karena pada prinsipnya pembelajaran PAUD adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara langsung dan kongkrit melalui praktik langsung dan pembiasaan yang dilakukan dalam berbagai aktifitas bermain sambil belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis optimalisasi peran sumber daya tenaga pendidik masa pandemi covid 19 pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Malili dan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Malili. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan pada PAUD Bina Mandiri dan PAUD Buah Hati di Kecamatan Malili dengan pendekatan metode Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Peran pendidik pada Pendidikan Anak Usia di masa pandemic di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran di masa pandemi. Mulai dari perencanaan sampai evaluasi setiap tahapan memiliki masalah dan hambatan namun semua bisa teratasi dan ada ada solusi dan dampak Pandemi bagi Lembaga PAUD juga sangat besar, mulai dari turunnya pendaftaran murid dan sumber pendapatan sekolah juga menurun. Dampak bagi anak dan orang tua hubungan jadi renggang.

This Covid condition is an unexpected thing for the government, teachers, parents and children. Educators/teachers and parents, suddenly have to find ways to keep the teaching and learning process going even though they are at home for an indefinite period of time. However, this government policy makes educators, especially in PAUD institutions panic and confused about starting implementation. Because in principle PAUD learning is learning that is carried out directly and concretely through direct practice and habituation carried out in various meaningful play activities while learning. The purpose of this study was to find out and analyze the optimization of the role of teaching staff during the COVID-19 pandemic in Early Childhood Education in Malili District and to determine the impact of the Covid-19 pandemic on Early Childhood Education in Malili District. The research was carried out for 2 months at the Pembina State Kindergarten, Malili District with a descriptive qualitative approach. The results of the study show that the role of educators in childhood education during the pandemic is required to be creative and innovative in designing learning during the pandemic. Starting from planning to evaluation, each stage has problems and obstacles, but all can be resolved and there are solutions and the Pandemic Impact for PAUD Institutions is also very large, starting from the decline in student registration and the source of school income also decreasing. The impact on children, parents and teachers is tenuous.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawati, L., & Hewi, L. (2020, 5 19). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Retrieved 8 3, 2021, fromhttps://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/530/pdf

Purnama, B. J. (2016, 10). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Manajemen Pendidikan, 12(2), 27-36.

Ashadi, F. (2017, 3). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga. Pembelajaran Fisika, 5(4), 412 - 418.

Basri, H. (2019, 12 1). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29-45.

Pusari, R. W. (n.d.). Peran Pendidik PAUD Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Retrieved 8 3, 2021, from prosiding.upgris.: http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/FIP13/fip013/paper/viewFile/277/224Kelly, Hat. (2005). The Leadership and the Role in Management. John Wiley and Son Inc., New York.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021, Juni 29). Kesiapan Guru TK MenghadapiPembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 5(1), 414-421.

Utami, E. W. (2020). Kendala Dan Peran orang Tua Dalam pembelajaran Dari Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 471-479.

Widiansya, A. (2018, September 2). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229-234.

Widyawati. (2020, Juni). Strategi Pembelajaran pendidikan Anak usia Dini Di Masa pandemi Covid-19. Jurnal Educhild, 25-36.

Yusutria. (2019, Juni 27). PeningkatanMutu Pendidikan Anak Usi Dini Melalu ipeningkatan Profeionalitas Guru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 27-32.

Siti Rahmi Himayatuddin, 2021 Analisis PLP 2 Peran Guru Dalam Memanfaatkan pembelajaran (Asnawati & Hewi, 2020) Daring Pada Masa Pandemi Covid-19(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari) Http://www.fkipumkendari.ac.id>plp_magang

Kurniawati. (2021), Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Kognitif anak Usia Dini Di PAUD Zakiah Akbar Kota Bengkulu, Skripsi, Bengkulu, IAIN Bengkulu

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Widiansya, A. (2018, September 2). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229-234.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Metang, B., Chahyono, C., & Remmang, H. (2022). OPTIMALISASI PERAN SUMBER DAYA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID 19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR. Indonesian Journal of Business and Management, 4(2), 232–239. https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1498

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>