PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KOMITMEN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI CONSES MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v2i1.172Keywords:
Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Komitmen, Keputusan PembelianAbstract
Afyar Ady Wally. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap komitmen konsumen melalui keputusan pembelian roti conses Makassar. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan mengambil responden sebanyak 173. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua jalur dengan menggunakan SPSS 22.0. Pada hasil uji validitas dan reliabilitas, semua pernyataan yang ada di dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak untuk dimasukkan dalam pengujian selanjutnya. Hasil uji T (parsial) dan uji F (Simultan) diperoleh hasil bahwa bauran pemasaran dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap komitmen konsumen. Dan pada hasil uji dua jalur diperoleh bauran pemasaran dan kualitas layanan berpengaruh juga secara tidak langsung terhadap komitmen konsumen melalui keputusan pembelian.