ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA KANTOR RUMAH TAHANAN NEGERA KELAS IIB PINRANG

Authors

  • Achmad Khairi Rumah Tahanan Negera Kelas IIB Kab. Pinrang
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3868

Keywords:

Manajemen, Pelayanan Publik, Warga Binaan, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan publik di Masa Pandemi Covid 19 Di Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang dan mengetahui bentuk pelayanan publik bagi warga binaan pemasyarakatan di masa pandemi Covid 19 Di Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menekankan pada penelitian kualitatif. Penelitian ini akan dilakukan Rumah Tahanan Negera Kelas IIB Kab. Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan instrument wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Berdasarkan uraian hasil penelitian disimpulkan bahwa pelayanan publik di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang telah menerapkan aspek-aspek manajemen pelayanan mulai perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian yang telah berjalan dengan baik. Dari aspek perencanaan pelayanan telah memiliki sasaran dan indikator yang jelas serta difokuskan pada peningkatan pelayanan kebutuhan warga binaan. Selain itu, dalam perencanaan pelayanan telah ditetapkan standar dan prosedur pelayanan yang jelas dan SDM pemberi layanan yang profesional. Dari aspek pengorganisasian dilakukan pengorganisasian pegawai berdasarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk mengisi masing-masing tugas dan jabatan, membangun kerjasama, sinergitas dan komitmen pelayanan yang tertuang dalam perjanjian kinerja. Adapun dari aspek pengendalian, segala bentuk pelayanan disertai dengan prosedur layanan yang wajib dijalankan baik terkait jangka waktu penyelesaian setiap unsur layanan pemasyarakatan, adanya jaminan pelayanan dan jaminan keamanan. Selain itu dilakukan juga evaluasi kinerja dan pengendalian serta penyelesaian masalah yang ditemukan. Selain telah menerapkan aspek-aspek manajemen seperti tersebut di atas, dalam melaksanakan kegiatan pelayanan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pinrang juga melakukan serangkain inovasi pelayanan public.

The aim of this study was 1) To determine the management of public services during the Covid 19 Pandemic in Class IIB Pinrang State Detainees. 2) To find out the form of public service for correctional prisioners during the Covid 19 pandemic in Class IIb Pinrang State Detention. The research design used by researchers emphasized qualitative research. This research was carried out at the Class IIB State Detention Center, Kab. Pinrang, South Sulawesi Province. This study used interview instrument, observation and documentation in data collection. Based on the description of the study result, it is concluded that public service at the Class IIB Pinrang State Detention Center has implemented the aspects of the service management starting from planning, organizing and controlling which ha gone well. In the aspect of service planning, it has clear target and indicator and it is focused on improving service needs of the prisoners. In addition, in service planning, clear service standard and procedure has been estabilished and proffesional service provider human resource. From organization aspect, the organization of employees based on their abilities and expertise to fill each task and position, building cooperation, synergy and service commitment as stated in the performance agreement. As for the control aspect, all forms of service are accompanied by service procedure that must be carried out regarding the time period for completion of each element of correctional services, the existence of service guarantee and security guarantee. Furthermore, performance evaluation and control are also carried out and resolution of problems found. Apart from implementing the management aspects as mentioned above, in carrying out service activities at the Class IIB Pinrang State Detention Center, it is also conducted  a series of public service innovation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Azis. Dkk. 2001. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru vanHoeve

Abdurahman, A., & Juniati, L. (2023). Sistem Pelayanan Publik Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Malang di Masa Pandemi dalam Pemenuhan Hak Pengunjung. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4721-4724.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Yogyakarta: Rinekacipta.

David J. Cooke (terjemahan). 2008. Menyikap Dunia Gelap Penjara. Jakarta: Gramedia

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijaksanaan Publik. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Fabira, D. S., & Muhammad, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Publik Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Layanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di LPKA Kelas II Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2424-2429.

Fathya, V. N. (2018). Tata Kelola Lembaga Pemasyarakatan: Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dalam Manajemen Lembaga Pemasyarakatan. Journal of Correctional Issues, 1(2), 104-120.

Fitriani, F., Mahsyar, A., & Rasdiana, R. (2021). Responsivitas Pelayanan Publik Di Rumah Tahanan Negara Kelas Ii B Enrekang. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(1), 337-352.

Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta. Gava Media.

Jufri Ely Alawiyah dan Nelly Ulfah 2017. Pelaksanaan Asimilasi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan erbuka Jakarta. Jakarta: ADIL: Jurnal Hukum.

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rieneke Cipta

Kusuma, W. G. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kunjungan Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Nusakambangan Pada Masa Pandemi Covid 19 (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Laswell dan Kaplan. 2001. Pengambilan Kebijakan. Jakarta: Ghalia Indonesia. Moenir. A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesaia. Jakarta: Bumi Aksara

M. Sholehuddin. 2003. Sistem Sanksi dalam Hukum Pidana. Jakarta Raja Wali Pers

Ndraha, Taliziduhu. 2007. Kybernologi Sebuah ScientificMovement. Banten: Sirao Credentia Center

Nurhayati, I., Mirati, E., & Vidyasari, R. (2022). jma (285-292) Pelatihan Pelayanan Publik, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Warga Binaan Pada Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kota Tangerang: Pelatihan Pelayanan Publik, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Warga Binaan Pada Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kota Tangerang. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 293-300.

Prasetiyo, A. B. (2020). Manajemen Kegiatan Kerja Warga Binaan Pemasyarakatan dan Tahanan di Rumah Tahanan Kelas I Cipinang. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 79-93.

Rahman, L., Asmiddin, A., & Tenri, A. (2023). Manajemen Pelayanan Publik Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Kota Baubau. Administratio Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 18-24.

Strategic Management Of Intellectual Capital And Organizational Knowledge: A collection of readings. Oxford: Oxford University Press

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Khairi, A., Abduh, T., & Said, M. (2023). ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA KANTOR RUMAH TAHANAN NEGERA KELAS IIB PINRANG. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3868

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>