PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA PT PELABUHAN INDONESIA REGIONAL 4
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1929Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan, PelindoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan kepemimpinan terhadap kinerja yang di moderasi oleh kepuasan kerja di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4. Objek penelitian adalah pelanggan dan pegawai PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai dan Pelanggan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 dan pegawai PT Pelabuhan Indonesia (Perserp) Regional 4. Jumlah sampel diambil dalam penelitian ini adalah 30 orang dengan metode metode sampling non-probability. Pengambilan data menggunakan kusioner dengan analisis data Moderated Regression Analysis (MRA). Hipotesis yang dajukan sebanyak 7 (tujuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja; (2) kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai; (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; (4) kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; (5) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja yang di moderasi oleh kepuasan kerja; (6) kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja yang di moderasi oleh kepuasan kerja; (7) kualitas pelayanan dan kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja yang di moderasi oleh kepuasan kerja.
Downloads
References
A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Andansari, T. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah Di Kota Tangerang Sela. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Asra & Prasetyo. 2015. Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Survei. Jakarta : Rajawali Pers.
Bambang, Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFEYOGYAKARTA.
Bambang, Wahyudi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita.
Bass, B. M., & Stogdill, R. M. (1990). Bass and Stogdill's Handbook of Leadership: Theory, Research, and Applications (3 ed.). New York: Free Press.
Edison, et all. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kerja Pegawai dan Organisasi. Penerbit. Alfabet. Bandung.
Erikson dkk. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), Vol.6 No. 2
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh Belas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Heriyanti, Dewita. 2007. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Interverning (Studi PT. PLN (Persero) Apj Semarang)” Tesis (Dipublikasikan), Magister Manajemen, Universitas Diponegoro Semarang
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Khairul Muslim. 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpianan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Politeknik Negeri Lhokseumawe. Tesis. Universitas Sumatera Utara Medan.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kumalaningrum, Febri, Widajanti, Erni dkk. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Cs Kopi Tubruk Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 2 Juni 2016
Majidah, Yuniz, Karnawati, Agustina dkk. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Volume 14 Number 2 (2020) 105
Mangkunegara Anwar, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan 13. Penerbit. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Mangkunegara, A.P, 2015. Perilaku dan Budaya Organisasi. Refika Aditama, Bandung.
Marliani, R. (2015). Psikologi Industri & Organisasi . Bandung: Pustaka Setia.
Nyoto dan Erpan Rajab. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Ilmu Administrasi. Volume 13, Nomor 1
Ova Pasianus dan Any Agus Kana. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variable interveningpada swalayan pamela enam Yogyakarta. Jurnal stimykpn. Vol 2. No 2
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265.
Purwanti, Heni. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Toko Prima Srandakan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta
Putri, Erlinda, Wibowo, Edi dkk. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 19 No. 1 Maret 2019: 9 – 21
Rahayu, Anita. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Dilayani Pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Rino., Tjutju Yuniarsih, Suwatno, Kusnedi, Syahrizal. (2020). Perilaku Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Rivai, Veithzal. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Robbins, Stephen P & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (Edition 15). Pearson Education
Roziqin. (2010). Kepuasan Kerja. Cetakan I. Penerbit. Averroes Press. Malang.
Saskia lumintang dan rufial. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Pelayanan Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA. No 3 vol 4
Sedarmayanti, (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT. Refika Aditama.
Siagian, Sondang P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Simamora, H., 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.
Soebagyo, Joko. 1997. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sriwidodo, Sri, Indriastuti, Rully. 2010. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 2
Sudaryo, Yoyo, Agus Aribowo, Nunung ayu Sofiati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru
Sukrispiyanto. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Suliyanto. 2011. “Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS”. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Suparman, Raden Agus. 2018. “PPN Dibebaskan Atas Jasa Kepelabuhan Tertentu Kepada Perusahaan Angkutan Laut Yang Melakukan Kegiatan Angkutan Laut Luar Negeri.” (Online). https://aguspajak.com/2018/03/08/ppn-dibebaskan-atas-jasa-kepelabuhan_tertentu-kepada-perusahaan-angkutan-laut-yang-melakukan-kegiatan-angkutan-laut-luar-negeri/. Diakses pada tanggal 11 Januari 2022 pada pukul 15:00 WITA.
Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Tegar, Nanang. (2019). Manajemen SDM dan Karyawan (Strategi Pengelolaan SDM dan Karyawan dengan Pendekatan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: Quadrant.
Thoha, Miftah. 20013. Kepemimpinan dalam Manajemen. Edisi Pertama. PT RajaGrafindo. Jakarta
Tjiptono, F. (2011). Service Quality and Satisfication, Edisi ke dua. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Wahjosumidjo (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja (Edisi Keem). Rajawali Pers.
Winardi. (2011). Kepemimpinan dalam Manajemen. PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Na'ilah Marzugah, Hasanuddin Remmang, Chahyono Chahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.