PENGARUH KOMPETENSI, PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MELALUI PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS I KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3807Keywords:
Kompetensi, Pelatihan, Lingkungan Kerja, Penguasaan Teknologi Informasi, Kinerja Tenaga Pendidik, Tenaga KependidikanAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap penguasaan teknologi informasi, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penguasaan teknologi informasi terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta untuk menganalisis pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan melalui penguasaan teknologi informasi pada Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel yakni tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berjumlah sebanyak 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil temuan bahwa kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan teknologi informasi. Kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja dan penguasaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan hasil uji sobel test bahwa penguasaan kerja dapat memediasi pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,783 yang artinya kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap penguasaan teknologi informasi sebesar 78,30% yang berarti pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap penguasaan teknologi informasi itu cukup besar hampir mendekati angka 1 dan 21,70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
The purpose of this study was to analyze and determine the effect of competence, training and work environment on mastery of information technology, to analyze and determine the effect of competence, training and work environment on the performance of teaching staff and educational staff, to determine and analyze the effect of mastery of information technology on staff performance educator and education staff, as well as to analyze the influence of competence, training and work environment on the performance of educator and education staff through the mastery of information technology at the Cluster I Public Elementary School, Campalagian District, Polewali Mandar Regency. This research was a quantitative research by taking a sample of 82 educators and educational staff. Data collection techniques using questionnaire, and data analysis techniques using path analysis. The finding showed that competence, training and work environment have a positive and significant effect on the mastery of information technology. Competence, training and work environment and mastery of information technology have a positive and significant effect on the performance of teaching staff and education staff. Meanwhile, the result of the Sobel test showed that work mastery can mediate the influence of competence, training and work environment on the performance of educator and educational staff at the Cluster I State Elementary School, Campalagian Sub-district, Polewali Mandar Regency. While the value of the coefficient of determination (R2) is 0.783, which means that competence, training and work environment have an influence on mastery of information technology by 78.30%, which means that the influence of competence, training and work environment on mastery of information technology is quite large, close to numbers 1 and 21 .70% influenced by other factors.
Downloads
References
Adnyana, I. P. A. (2023). Kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia. In Human Capital Management. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Amri, S., Hidayat, M., & Arfan, H. H. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru dan Penguasaan Teknologi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare-Pare. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 549–558.
Anggraini, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak). Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4), 315–334.
Fadillah, K. (2023). Analisis Peningkatan Kinerja Guru Teori & Riset. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Gea, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Pada Gugus I Seulanga Raya Subulussalam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(2), 1303–1316.
Hadzami, S. M. (2020). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Harahap, K., Casriyanti, Anwar, K., Trianto, E., Rajab, A., Priyono, S., Handoko, Sumarmawati, E. D., Siregar, O. M., Sembiring, D., Mardhiyah, A., Citta, A. B., Wuryaningrat, N. F., Pangemanan, A. S., Trisnawati, N. L. D. E., Mambu, J. G, Hawari, A. P., Walga, R. P., & Wisnu, M. (2023). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Ihsan, N., Tiwow, V. A., & Saleh, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form Dalam Monitoring Kegiatan Kuliah Pada Program Studi Fisika Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Fisika PPs UNM. Makassar.
Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Irawati, L., & Farradia, Y. (2021). Kinerja Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja. In Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep & Studi Kasus). Banten: CV. AA. Rizky.
Irawati, R. (2021). Pengaruh Pelatihan, Kemampuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai Terhadap Kualitas Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Upt SMA Negeri 1 Palopo. Palopo: IAIN Palopo.
Japar, M. (2018). Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sospol UNJ Press.
Kadir, A., & Terra, C. (2017). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Karim, A., Bangun, B., Kusmanto, Purnama, I., Harahap, S. Z., Irmayani, D., Nasution, M., Haris, M., Rahmadani, & Munthe, I. R. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. Labuhanbatu: Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.
Khowarizmi, A. (2021). Pengantar Teknologi Informasi (Dalam Perkembangan Data Science). Medan: Umsu Press.
Kuncoro, M. (2018). Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Kusumaryoko, P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish.
Lestari, R. (2021). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Salma Idea.
Malindasari, V. R., Kristiyana, N., & Widhianingrum, W. (2022). Pengaruh Pengguna Teknologi Informasi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Jurnal Revenue, 3(1), 312–323.
Masrum. (2021). Kinerja Guru Profesional. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Mesran, Syefudin, Surorejo, S., Syahrizal, M., Murtopo, A. A., Arif, Z., Santoso, N. A., Andriani, W., Aripin, S., Gunawan, & Nugroho, R. B. I. (2023). Pengantar Teknologi Informasi. Deliserdang: CV. Graha Mitra Edukasi.
Mulia, R. A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Aplikasi dalam Peningkatan Kinerja). Cetakan Pertama. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Mutawali. (2021). Pelatihan SDM. In MSDM (Kunci Keberhasilan Organisasi). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Myori, D. E., Krismadinata, Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109.
Nitisemito, A. S. (2018). Manajemen Personalian dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurmansyah. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Pambreni, Y., Ridho, A., & Sutisna, I. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Di SMK Bina Mandiri Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 79–91.
Paramarta, V., Kosasih, & Sunarsi, D. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori & Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Priansa, D. J. (2021). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Puspa, Y. Y. (2021). Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Rahadi, D. R., Susilowati, E., & Farid, M. M. (2021). Kompetensi Sumber Daya Manusia. Tasikmalaya: CV. Lentera Ilmu Madani.
Rahmadin, A. N., Saleh, M., & Esabella, S. (2022). Dampak Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Kinerja Guru dengan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Variabel Mediasi di Sekolah Dasar Negeri Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(8), 2823–2834.
Rio, A., Alamsah, M., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMK Negeri 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(2), 46–58.
Rivai, V. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori dan Praktis. Jakarta: Rajawali Press.
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Setiana, A. R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Setiawan, R. (2022). Hubungan Antara Penguasaan Teknologi Informasi Guru Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri Tahun 2022/2023. Tesis Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Simatupang, S., & Silalahi, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal Mitra Manajemen, 3(4), 370–381.
Sinambela, L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja). Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarni, A. A. C. (2022). Lingkungan Kerja. In Pengantar Ilmu Manajemen. Lombok Barat: Penerbit Seval.
Sudarso, A. P., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Swasta di Wilayah Kecamatan Parung Panjang dan Tenjo Kabupaten Bogor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 960–964.
Sugiono, E., Wulandari, A., & ... (2022). Analisis pengaruh kompetensi, dan sertifikasi terhadap kinerja guru yang dimediasi motivasi pada guru SMK se Kabupaten Manokwari. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5), 2164–2173.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparto. (2022). Manajemen Pelatihan. In Manajemen SDM (Strategi Organisasi Bisnis Modern). Lombok Barat: Penerbit Seval.
Widagdo, S., Maulyda, M. A., & Kholifah, E. R. (2020). Penilaian Kinerja, Budaya Kerja dan Kepemimpinan: Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru. Jember: Mandala Press.
Widarti. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Yayasan Al Bahri Prima Nusantara Bekasi). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(2), 1–6.
Wijayanti, F. N. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan (Studi Kasus: Institusi Perguruan Tinggi Swasta “X”). Tesis Universitas Kristen Maranatha
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sitti Syahria Azis, Haeruddin Saleh, Miah Said
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.