ANALISIS PERSONAL SELLING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMBUKA REKENING PADA BANK CENTRAL ASIA DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5290Keywords:
Personal Selling, Digital Marketing, Keputusan NasabahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh personal selling terhadap keputusan nasabah membuka rekening pada bank central asia di kota makassar, serta menganalisis pengaruh digital marketing terhadap keputusan nasabah membuka rekening pada bank central asia di kota makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan metode Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 2.6. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa personal selling berpengaruh langsung terhadap keputusan nasabah membuka rekening pada bank central asia di kota makassar, digital marketing tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan nasabah membuka rekening di bank central asia di kota makassar. Hasil uji simultan menemukan bahwa personal selling dan digital marketing berpengaruh langsung secara simultan terhadap keputusan nasabah membuka rekening pada bank central asia di kota makassar.
The aim of this research is to analyze the influence of personal selling on costumers’ decision to open an account at bank central asia in makassar city, as well as analyze the influence of digital marketing on costumers’ decision to open an account at bank central asia in makassar city. This research uses a quantitative approach, collecting data through observation and questionnaires, with data analysis techniques using the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) method version 2.6. The results of the research found that personal selling has a direct effect on costumers’ decision to open an account at bank central asia in makassar city, digital marketing has indirect effect on costumers’ decision to open an account at bank central asia in makassar city. The results of the simultaneosly test found that personal selling and digital marketing has a direct effect simultaneosly on costumers’ decision to open an account at bank central asia in makassar city.
Downloads
References
Adawiyah & Soesanto. 2021. Pengaruh Iklan, Sales Promotion dan Personal Selling terhadap Keputusan Pengguna Laku Pandai BCA Melalui Ekuitas Merek sebagai Variabel Intervening (Studi di Wilayah Kabupaten Demak). Diponegoro Journal of Management. Vol.10 No.6.
Alamgir, Mohammed et.al. 2010. Influence of Brand Name on Consumer Decision Making Process-An Empirical Study on Car Buyers. Journal Economic and Public Administration. Volume 2 (12), hlmn 142-153.
Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Bina Aksara.
Bilson, Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Bisnis.com. 2022. Era Bank Digital, Bos BCA (BBCA) Bocorkan Strategi Menangkan Pasar. Artikel: https://finansial.bisnis.com/read/20220803/90/ 1562521/era-bank-digital-bos-bca-bbca-bocorkan-strategi-menangkan-pasar
Carthy & Cannon. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Chaffey, D., & Smith, P. R. 2013. Emarketing Exellence. Planning and optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.
Chandra, Gregorius. 2001. Pemasaran Global edisi 1. Yogyakarta: penerbit Andi.
Cooper, david and Emory. 1996. Metodologi Penelitian Bisnis. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Desa, Ria Puspita & Wahid, Umaimah. 2020. Strategi Marketing Communication PT.BCA Finance Dalam Mempertahankan Brand Ditengah Pandemi COVID-19. Jurnal COMMUNICATION, VOL. 11 NO.2 OKTOBER 2020. 134-142.
Dipamkumar Maheshkumar, Raval. 2020. A Study on Impact & Popularity of Web Series on Youth Author 1. International Journal of Creative Research Thoughts 8 (9): 2320–2882. www.ijcrt.org.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam. 2011, aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro
Hambali, Victor. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Di Dalam Memilih Jenis Bank (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang). Jurnal Ilmiah. Universitas Brawijaya.
Hidayat, dkk. 2023. Analisis Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pembelian Tiket KAI. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 4 No.5, 1206-1212
Intakoris, dkk. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur Bca M-Banking. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. Vol. 4 No. 1. ISSN: 2746-4954.
Irwan, dkk. 2022. Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Minat Beli Masyarakat Pada PT. Suracojaya Abadi Motor Makassar. Jurnal Ekonomika. Vol.7 No.1. P-ISSN:2088-9003 dan E-ISSN: 2685-6891.
Ismail, 2010. Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana
Jagdish, N. S., & Sharma, A. 2005. International E-Marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611- 622.
Kotler & Armstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Armstrong. 2014. Principle of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler & Armstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kotler & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi ke enam belas jilid 1 dan 2 dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Marbun, BN. 2005. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Harapan
Muafidah & Sulistyowati. 2021. Pengaruh Digital Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Akuntabel 18 (4), 2021 661-668.
Mudin & Damayanti. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelia. Jurnal Simposium Manajemen dan Bisnis II. Vol. 2 No.1. E-ISSN: 2962-2050.
Nyarko, Israel Kofi. (2015). Promoting Life Insurance Products via Personal Selling: The Case of a Leading Insurer in Ghana.
Olumoko, Tajudeen Abayomi, Abass, Olufemi Adebowale and Dansu, Sewhenu Francis (2012). The Role of Personal Selling in Enchancing Client Satisfaction in Nigerian Insurance Market. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences (JETEMS) 3 (2) 147-152. Scholarlink Research Institute Journals, 2012 (ISSN:2141-7024).
Paul, P. 1996. Marketing on Internet. Journal of Consumer Marketing
Prasetya, Yoga Arwindra. 2015. Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital Dan Perilaku Online Konsumen Pada Pengingkatan Kesadaran dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Via Website (Studi Kasus Pada E-commerence Website PT. Campina Ice Cream Industry). Tesis. Universitas Mercu Buana.
Prayitno, Duwi. 2010. Paham Analisa Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom. Hal. 66
PT. Bank Central Asia, Tbk. 2022. Resilience, Regaining Momentum, Laporan Tahunan.
Puspita, S. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah terhadap Alokasi Belanja Modal di Sumatera Utara Periode 2012-2016. Skripsi, 1–97.
Putra, Bariocha Benaya B. dkk. 2024. Pengaruh Personal SellingDan Digital MarketingTerhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi PT BNI Life Insurance Cabang Denpasar. Management Studies and Entrepreneurship Journal. Vol 5(1) 2024: 2747-2759.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.
Reinartz, dkk. 2005. “Balancing Acquisition and Retention Resources to Maximize Customer.” 69(January):63–79.
Riskayanti. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Cab.Makassar). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia.
Rizki, Rubiyanti Alfa. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi kasus pada PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Boulevard Timur). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Ryan, Damian., & Jones, Calvin. 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. United States: Kogan Page Limited.
Said, Miah. 2022. Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Konsumen Perusahaan Ritel Modern. Makassar: Intelektual Karya Nusantara.
Saleh, Yusuf & Said, Miah. 2019. Konsep & Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA
Sanjaya, Laurent. Dkk. 2021. Book Chapter: Manajemen Pemasaran & Bisnis Perspektif Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Gowa: Pustaka Almaida.
Santoso & Ashari, 2005. Analisis Dengan Microsoft Exel Dan SPSS. Andy. Yogyakarta.
Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, dialih bahasakan oleh Zulkifli Kasip, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indexs.
Shimp, Terence A. 2010. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sinamora, Wuri Hamdayani. 2013. Studi Deskriptif Pelayanan Customer Service Dan Opini Nasabah Bca Kantor Cabang Pembantu Medan. Artikel Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Sindomakassar.com. Semarak BCA Expo 2023 di Makassar, Upaya Dukung Akselerasi Perekonomian. Artikel: https://sindomakassar.com/view/116 /semarak-bca-expo-2023-di-makassar-upaya-dukung-akselerasi-perekonomian-1679267002.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Andi.
Siregar, Zaki Muhammad. 2023. Analisis Bauran Pemasaran Melalui Digital Marketing Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi di PT Pegadaian Cabang Medan Pringgan Kota Medan. Universitas Medan Area.
Situmorang, James. R. 2011. Metrik Pemasaran Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Pemasaran Perusahaan. Universitas Katolik Parahyangan. 114-13
Stanton, William J. 1984. Fundamentals of Marketing. 8th Edition. Mc Graw Hill.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Rofian Dedi. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Bank Central Asia, Tbk. Untuk Meningkatkan Kepemilikan “Solusi Bca” Oleh Nasabah (Studi Kasus Personal Selling oleh Marketing Officer BCA KCU Thamrin, Jakarta Pusat). Tesis. Pascasarjana Universitas Mercu Buana.
Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Swastha, Bayu. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Ubay, Nasa Nurul. 2023. Pengaruh Pemasaran Digital, Citra Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian dalam Memilih Coffee Shop di Yogyakarta. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen. Vol.1 No.4. e-ISSN: 2985-9611; p-ISSN: 2986-0415, Hal 343-353
Umah, Anisatul. 2015. Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Asuransi Jiwasraya Jember.
Umar, Husein. 2012. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. https://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf
Wahid, wahid. 2014. Channel Kuat, Merek Bank-Bank Perkasa. Inspiring The Leadership. Marketing.co.id. Diakses 27 Desember 2023
Wahyu, Purhantara. 2010. metode penelitian kualitatif untuk bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amira Taqiya, Miah Said, Hasanuddin Remmang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.