PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI PONDOK PESANTREN VILLA TAHFIZH HIMMATUL QURAN MALINO
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v6i2.4412Keywords:
Fungsi Manajemen, Pembelajaran Tahfidz, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan EvaluasiAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMA VTHQM, koordinator tahfidz, dan muhaffizh quran serta santri kelas XII berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model evalusi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran tahfidz Alquran dilakukan oleh pimpinan, koordinator tahfidz dan stakeholder terkait. Dirancang dalam suatu dokumen kurikulum yang terdiri atas visi, misi, tujuan, program tahfidz, dan pembelajaran yang terkait tujuan program, (2) pengorganisasian meliputi pembentukan struktur wewenang dan mekanisme koordinasi pembelajaran, tersedianya fasilitas sarana dan prasarana, sumber daya manusia (muhaffizh), pengelompokan jumlah halaqah dengan perbandingan antara jumlah santri dan muhaffizh, metode prosedur pembelajaran, dan diadakannya latihan dan pendidikan dari orang yang kompeten (3) pelaksanaan pembelajaran tahfidz alquran berpusat di masjid lantai satu dan dua serta metode yang digunakan yaitu metode Pakistan (Sabaq, Sabaqi, dan Manzil), dan (4) evaluasi pembelajaran tahfidz dilaksanakan dalam bentuk evaluasi hasil pembelajaran dan proses pembelajaran. Evaluasi hasil belajar dilakukan dengan evaluasi formatif saat sabaq. Sedangkan evaluasi sumatif dilakukan di akhir semester mencakup 3 ranah penilaian kognitif, dan sikap.
The purpose of this study was to determine the description the management of (planning, organization, implementation, and evaluation) of the Tahfidz program at Villa Tahfizh Himmatul Qur’an Malino. This type of research is qualitative research of descriptive approaches. The data used are primary data and secondary data. The objects in this study are the head of VTHQM high school, the coordinator of the tahfidz, and the muhaffizh of the Qur'an as well as the 12th grade centri of 3 people. Data collection is done through interviews, observations, and documentation. The evaluation model used is the CIPP model (Context, Input, Process dan Product). Data analysis methods using data reduction, data presentation, and conclusion (verifikasi data). The results of the research show that (1) the planning of learning Tahfidz Al-Quran is carried out by the leader, coordinator of tahfidz and related stakeholders. It is designed in a curriculum document consisting of vision, mission, purpose, program of tahfidz, and learning related to the purpose of the program, (2) the organization includes the formation of authority structure and mechanisms of coordination of learning, the availability of facilities of means and facilities, human resources (muhaffizh), the grouping of the number of halaqah with the comparison between the numbers of centri and muhafizh, methods of learning procedures, and the appointment and training of educational persons competent (3) the implementation of tafidz alquran learning is centralized in the mosques of the first and second floors as well as the methods used are Pakistani methods (Sabaq, Sabaqi, and Manzil), and (4) the evaluation of the tafizh learning is carried out in the form of the assessment of learning outcomes and learning process.
Downloads
References
Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwi. 1997. Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Ahsin W. Al-Hafidh. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Alfi, Muhammad Yaseen. 2002. Sebuah Pendekatan Linguistik Terapan untuk
Meningkatkan Penghafalan Quran Suci: Saran untuk Merancang Kegiatan
Praktek untuk Belajar dan Mengajar. College Pendidikan, Universitas King
Saud, Riyadh, Arab SaudiAl-Qaththan, Manna. 1973. Mabahis fi ‘Ulum al-Quran, t.tp.
Andrew J. DuBrin. 2009. Essential of Management. Mason, Ohio: South-Western Cengage Learning.
Al-Zuhayli, Muhammad. Marja’ al-Ulum al-Islamiyyah: Ta’rifuha, Tarikhuha, A’immatuha, ‘Ulama’uha, Mashadiruha. Damaskus: Dar al-Ma’rifah.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Syafrudin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineke Cipta.
Az-Zamawi, Yahya Abdul Fatah. 2010. Revolusi Menghafal Al-Qur'an. Surakarta: Insan Kamil.
Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.
Danim, S. 2012. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Darsono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dessy, Anwar. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Aditama.
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Hasanuddin AF. 1995. Anatomi Al-Qur’an: Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya Terhadap Istimbath Hukum Dalam Al-Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hashim, A., Saili, J., & Noh, M. A. C. (2015). The Relationship between Pedagogical Content Knowledge and al-Quran Tajweed Performance among Students KKQ in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 1530-1537.
Herry, Darwis Hude. 1996. Mengenal Kerja Memori dalam Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PTIQ.
Hidayat, Adi. 2018. Muslim Zaman Now: Metode At-Taisir 30 Hari Hafal Al-Qur’an. Bekasi: Institut Quantum Akhyar.
Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
James A.F. Stoner, R. Edward Freeman and Daniel Gilbert, JR., 2009. Management. Delhi: Dorling Kindersley.
Kamil, A., Nur, T., & Darmiyanti, A. 2021. Analysis of the Online Tahfidz Al-Qur’an Program in Improving Islamic Education Learning Outcomes. Endless: International Journal of Future Studies.
Komaruddin. 1994. Ensiklopedi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Lincoln dan Guba, Naturalistic Inquiry, New Delhi: Sage Publication, 1995
Lisya, Chairani, M.A Subandi. 2010. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
Mahmud, Yunus. 1990. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: HidakaryaAgung.
Majid, Abdul. 2003. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, cet.1, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maurice R. Hecht. 1980. What Happens in Management: Principles and Practices. USA: Amocom, Fist Printing.
Menne, Firman. 2017. Nilai-nilai Spiritual dalam Entitas Bisnis Syariah. Makassar: Celebes Media Perkasa Moleong, Lexy J.. 2000. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2003. Arab Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.
Muhammad, N., Alias, N., Jamaludin, K. A., & Zulnaidi, H. (2022). Skills-Based Curriculum Design for Culinary Course in Traditional Tahfiz Institutions. Heliyon.
Mustafa, L. M., Yunus, N. K. Y., & Azman, M. N. A. 2014. An Overview of Private Preschool in Malaysia: Marketing Strategies and Challenges. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 130, 105-113.
Suharyat, Yayat, Ibnu Muthi, dan Novi Eko Hadiyanto . 2022. An Evaluation of Tahfidz Al-Quran Program At Mahir Bil Quran Junior High School Semper, Cilincing, North Jakarta District: International Journal Publishing, 4(2), 82.
Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nawabuddin, Abdurrab. 1991. Teknik Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru.
Purnomo, Hadi. 2017. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Bildun Pusataka Umum
Putra, Yovan P dan Bayu Issetyadi. 2010. Lejitkan Memori 1000%. Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Qosim, Amjad 2008. Hafal Alqurandalam Sebulan. Solo: Qiblat Press.
Raghib as-Sirjani dan Abdurrahman Abdul Khaliq. 2010. Cara Cerdas Hafal AlQur’an terj. Solo: Aqwam.
Rochman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbangn Media utama.
Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sufyarma. 2003. Kapita Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif-Kuntitatif dan R & D, Bandung:
Alfabeta.
Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis unutk Peneltian
Pemula, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus.
Suprayogo, Imam dan Thobroni. 2003. Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta:
Quantum Teaching.
Syafaruddin. 2011. Pengelolaan Pendidikan: Mengembangkan Ketrampilan
Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, cet. 1 Medan: Perdana Publishing.
Terry, George R. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen. Bumi Aksara
Trianto. 2010. Model Pembeiajaran Terpadu: Konsep, Strategi dam Implemenlasinya dalam Kurikulum Tingkal Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2006. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andy Offset.
Widodo, dkk. 2002. Kamus Ilmiah Popular. Yogyakarta: Absolut.
Wijaya, Ahsin. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, t.td.
Zawwawie, Mukhlisoh. 2011. Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal AlQur’an. Solo: Tinta Medina.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hadianto Hadianto, Firman Menne, Lukman Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.