PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIZZU

Authors

  • Putri Mariana Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Lukman Setiawan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i2.4439

Keywords:

Citra Merek, Brand Awareness, Keptusan Pembelian, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan brand awareness secara langsung terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh citra merek dan brand awareness terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian produk Mizu. Citra merek yang positif dan brand awareness yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen serta mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen produk Mizzu. Data diperoleh melalui dokumentasi dan kuesioner yang disebar kepada 50 konsumen beauty class Mizzu di Area Jakarta sebagai responden, Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara citra merek dan brand awareness terhadap kepuasan konsumen dengan nilai determinasi sebesar 92%, sedangkan citra merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan nilai determinasi sebesar 97%.

This research aims to determine and analyze the influence of brand image and brand awareness directly on costumer satisfaction and purchasing decisions. This research uses a quantitative approach with survey methods. This research aims to examine the influence of brand image and brand awareness on consumer satisfaction and purchasing decisions for Mizu products. A positive brand image and high brand awareness are expected to increase costumer satisfaction and significantly influence purchasing decisions. The method used in this research is a survey with a quantitative approach, where data is collected through questionnaires distributed to costumer of Mizzu products. Data obtained through documentation and questionnaires distributed to 50 Mizzu beauty class consumers in the Jakarta area as respondents. The results showed that there was a significant influence between brand image and brand awareness on customer satisfaction with a determination value of 92%, while brand image and brand awareness on purchasing decisions with a determination value of 97%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gujarati, Damodar. 1997. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Jackie Ambadar, M. A. 2007. Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Muhlis Ruslan, Abd.Karim, Abd.Haris, Zulkifli Makkawaru, Restaria Julita. Model for Stengthening Micro, Small, and Medium-Sized Entreprises in Supporting Sustainable Economic. Transactions of The Chinese Society of Agricultural Machhinary. Vol. 54 No. 10, 2003. ISSN: 1000-1298. URL:

Nurul Anggraini. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan dan, Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Non PNS Sekolah Dasar di Kota Makassar.

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2002). Statistik untuk penelitian. Bandung: IKAPI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015.Akuntansi Sektor Publik: Teori, Konsep, Aplikasi.PustakaBaru Press. Yogyakarta

Surachman.(2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan, Malang: Bayumedia Published.

Umar, Hussein (2001), Riset Sumber Daya Manusia dan Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Xian, G.L, dkk. 2011. Corporate, Product, and User Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal of Computers, 6 (9): 1875-1879.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mariana, P., Ruslan, M. ., & Setiawan, L. . (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIZZU. Indonesian Journal of Business and Management, 6(2), 351–359. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i2.4439

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>