ANALISIS PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO INNER KOTA WATAMPONE

Authors

  • Aryanti Arsyad Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Firman Manne Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5275

Keywords:

Pengaruh , Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, pengaruh merchandise terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, pengaruh atmosfer dalam toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, pengaruh pelayanan/retail service terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Inner, dan variabel retailing mix yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada toko Inner. Penelitian ini menggunakan pendekatak kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Lokasi (X1), Merchandise (X2), Harga (X3), Promosi (X4), Atmosfer dalam Toko (X5), dan Pelayanan/Retail Service (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di toko Inner Kota Watampone. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji parsial atau uji t, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa variabel yang dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian konsumen (Y), dengan kriteria bahwa semakin besar nilai t, maka semakin kuat pengaruh suatu variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun variabel tersebut diantaranya: Variabel Merchandise (X2) dengan nilai t sebesar 8307.357, menunjukkan bahwa variabel tersebut memberikan pengaruh paling besar terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Variabel Promosi (X4) dengan nilai t sebesar 7961.003, menunjukkan bahwa variabel tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) setelah variabel Merchandise (X2).

The purpose of this research is to test and analyze the influence of location on customer purchasing decisions at Inner stores, the influence of merchandise on consumer purchasing decisions at Inner Stores, the influence of price on consumer purchasing decisions at Inner Stores, the influence of promotions on consumer purchasing decisions at Inner stores, the influence of store atmosphere on consumer purchasing decisions at Inner stores, the influence of retail service on consumer purchasing decisions at Inner stores, and retailing mix variables that dominantly influence consumer purchasing decisions at Inner stores. This research used a quantitative approach. The results of the research show that the results of multiple linear regression analysis show that the variables Location (X1), Merchandise (X2), Price (X3), Promotion (X4), Store Atmosphere (X5), and Service/Retail Service (X6) have a significant influence significant impact on consumer purchasing decisions at Inner store, Watampone City. Based on the results obtained from the partial test or t test, it can be concluded that there are several variables that dominantly influence the consumer purchasing decision variable (Y), with the criterion that the greater the t value, the stronger the influence of an independent variable on the dependent variable. These variables include: Merchandise Variable (X2) with a t value of 8307.357, indicating that this variable has the greatest influence on the Purchasing Decision variable (Y). The Promotion variable (X4) with a t value of 7961.003, shows that this variable has a big influence on the Purchasing Decision variable (Y) after the Merchandise variable (X2).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzanni, Alletta. 2018. Pengaruh Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian di Giant Ekstra Botani Square. Skripsi. Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan, Bogor.

Albar, K. (2020). Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Sarikat Jaya Swalayan Gresik. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, 2 (01), 32-59.

Assauri, S. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Gramedia Pustaka Utama.

Aulia, Nisya. 2022. Analisis Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Air Minum Isi Ulang pada Depot An’nur Makassar. Skripsi. Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa, Makassar.

Autami, N. L. M. M. S., Suasana, I. G. A. K. G., & Gusti Agung Ketut Gede, S. (2015). Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Gerai Chatime. Jurnal Manajemen Unud, 4 (11), 3882-3908, https://www.neliti.com/publications/255198/pengaruh-retail-mix-terhadap- keputusan-pembelian-konsumen-pada-gerai-chatime Berman, Barry dan Joel R. Evans. 2001. Retail Management: A Strategic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Brian, M., Machmud, R., & Juanna, A. (2020). Pengaruh Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Gerai Indomaret Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), 63-77, https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/7830

Dewi, Anjani Sinta. 2023. Pengaruh Citra Toko, Kualitas dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Appleblossom. Skripsi. Ekonomi Syariah-S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Purwokerto.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. 2020. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Undip.

Hanaysha, J. R., & Al Shaikh, M. E. (2021). Importance of marketing mix elements in determining consumer purchase decision in the retail market. International Journal of Marketing & Business. Retrieved from https://research.skylineuniversity.ac.ae/id/eprint/128/1/68.pdf

Hermawan, A., & Mandala, K. (2018). Pengaruh Retail Mix terhadap Kepuasan Pelanggan pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta. E-Jurnal Manajemen Universitas.Udayana, 7 (2), 785-815.

Ikhwan, Muhammad. 2012. Analisis Pengaruh Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Circle-K di Jl. Sultan Hasanuddin Makassar. Repository Universitas Hasanuddin.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2011. Marketing an Introduction. Edisi 10 Jilid 1. England: Pearson.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Indriyani Puji. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran (Retailing Mix) terhadap Keputusan Pembelian pada Minimarket Andalan 511. Skripsi. Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Levy, Michael dan Weitz. 2000. Retailing Management. 5th edition. New York: Prentice Hall.

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Monoarfa, H., Juliana, J., & Setiawan, R. (2023). The influences of Islamic retail mix approach on purchase decisions. Journal of Islamic Marketing.

Nandy. 2021. “Lima Konsep Pemasaran Beserta Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing”, https://www.gramedia.com/literasi/konsep-pemasaran/, diakses pada 29 Agustus 2024 pukul 15.22.

. 2021. “Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Konsep”,

Peter, J Paul dan Jerry C Olson. 2000. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 4 Jilid ke 1. Jakarta: Erlangga.

Rahmadani, Fajar. 2013. Pengaruh Bauran Ritail (Ritail Mix) terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Toserba Gasanti Pekanbaru. Skripsi. Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Ridwan, M. (2022). Purchasing Decision Analysis in Modern Retail. Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis.

Salsabila, Assyifa. 2022. Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung). Skripsi. Ilmu Administrasi Bisnis-S1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Sciffman, L., & Kanuk, L. L. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sopiah dan Syihabuddin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistiyawan, Fauzan. 2008. Pengaruh Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart di Jl. Gajayana Malang. Skripsi. Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sumarwan, U & Tjipto, F. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Supriyanto, E. S., Azhad, M. N., & Santoso, B. (2017). Dampak Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Mini Market Indomaret Sumbersari Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7 (1), 58-76, http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/1011

Surya, Batara, et al. 2019. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: CV Sah Media.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset. Utami, Christina Widhya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Yulianti, Y., & Nurdin, H. (2022). The Effect Of Retailing Mix On Consumer Decisions To Shopping At Maimart Shop, Bima City. Jurnal Ilmu Manajemen, 6 (1), 6-13.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Arsyad, A., Manne, F. ., & Saleh , H. . (2025). ANALISIS PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO INNER KOTA WATAMPONE. Indonesian Journal of Business and Management, 7(2), 393–399. https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5275

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>