Pengaruh Penggunaan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1207Keywords:
Penggunaan Smartphone Android, Media Pembelajaran, Minat Baca, Pretasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android sebagai media pembelajaran terhadap minat baca pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus, yaitu dengan menjadikan semua siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar sebagai sampel karena jumlah siswa yang tidak banyak, yaitu hanya 40 orang.
This study aims (1) to describe the effect of using an Android Smartphone as a medium of learning the Indonesian Language on the reading interest of 5th-grade students at SD Inpres Cambaya 4 Makassar City, (2) to describe the effect of using Android Smartphone as a learning medium on Indonesian language learning achievement of 5th-grade students at SD Inpres Cambaya 4 Makassar City. The research method is a quantitative study using a quasi-experimental design. The population in this study were 5th-grade students of SD Inpres Cambaya 4 Makassar City with a total of 40 students. The sampling technique used is a saturated sample or census, namely by making all 5th-grade students of SD Inpres Cambaya 4 Makassar as a sample because the number of students is not many, which is only 40 people.
Downloads
References
Al-Ayouby, M. H. 2017. Dampak penggunaan Smartphone androiid pada Anak Usia Dini. (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung
Behera, S. K., & Purulia, W. B. I. 2013. M-learning: A New Learning Paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(2), 24-34.
Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Smartphone androiid Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.
Dalman, (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hamsiah, Andi, Mas’ud Muhammadiah, Asdar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya: Jurnal Ecosystem, Volume 19, Nomor 1
Ibrahim Bafadal. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, 2015. p.109-111. ISSN: 2078-0303, Baku, Azerbaijan.
Muhammadiah, Mas'ud, Muliadi, Hamsiah, Andi. 2020. A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesian Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 13, Issue 9, 2020.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narbuko, C., & Achmadi, A. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sitti Saidah, Mas'ud Muhammadiah, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.