Materi Ajar IPA Berbasis Digital Content Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 Kota Makassar

Authors

  • Sulfi Sulfi SD Inpres Panaikang I/I Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1457

Keywords:

Materi Ajar, IPA, Digital Content, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 K

. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui penerapan materi ajar IPA berbasis Digital Content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (3) Untuk menganalisi penerapan materi ajar IPA Digital Content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I /1 Kota Kelas IV B Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 tahun ajaran 2021/ 2022 Jumlah peserta didik dalam kelas ini 26 peserta didik. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan materi ajar berbasis Digital Content untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tubuh hewan pada siswa kelas IV/B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dari hasil observasi, penerapan materi ajar berbasis Digital Content dapat berjalan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa penerapan model materi ajar berbasir Digital Content terbukti berhasil baik, pada siklus I sebesar66,19 berkategori cukup menjadi lebih baik pada siklus II dengan skor sebesar 83,4 menunjukkan kategori baik.

This study aims (1) to describe the learning outcomes of students at SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B, (2) to find out the implementation of digital content-based materials for science teaching in improving student learning outcomes at SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B, (3) to analyze the implementation of digital content-based materials for science teaching in improving student learning outcomes of SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B. The research method was Classroom Action Research. The subjects of this study were students of class IV-B SD Inpres Panaikang I/1 academic year 2021/2022. The number of students in this class was 25 students. After conducting research, the researcher concludes that the implementation of digital content-based teaching materials to improve science learning outcomes for animal body parts in grade IV-B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 create active and fun learning. From the results of observations, the implementation of digital content-based teaching materials can run well. This is evident from the results of observing student activities which also show that the proven to be successful, in the first cycle of 66.19 in the moderate category to be better in the second cycle with a score of 83.4 indicating a good category

elas IV B Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui penerapan materi ajar IPA berbasis digital content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (3) Untuk menganalisi penerapan materi ajar IPA digital content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I /1 Kota Kelas IV B Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 tahun ajaran 2021/ 2022 Jumlah peserta didik dalam kelas ini 26 peserta didik. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan materi ajar berbasis digital content untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tubuh hewan pada siswa kelas IV/B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dari hasil observasi, penerapan materi ajar berbasis digital content dapat berjalan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa penerapan model materi ajar berbasir digital content terbukti berhasil baik, pada siklus I sebesar66,19 berkategori cukup menjadi lebih baik pada siklus II dengan skor sebesar 83,4 menunjukkan kategori baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru) Bandung: Remaja Rosdakarya.

Adisendjaja Yusuf Hilmi. 2010. Analisis Buku Ajar Biologi Sma Kelas X Di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains Universitas Pendidikan Indonesia.

Aliyah Yahya dan Mohd Mokhtar Tahar. 2017. Multimedia Animasi Interaktif Mengenal Suku Kata (Kv+Kv) Untuk Pelajar Bermasalah Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa.

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik DanMenyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Asyahari, Ardian, And Helda Silvi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Bulletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-Biruni’, 5 3.Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Peserta didik Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4.1.

Arwudarachman, D. 2015. Pengembangan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar bentuk peserta didik kelas XI. Jurnal Seni Rupa, 3(03).

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Januarisman, Erwin. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Peserta didik Kelas VII SMP se- Kecamatan Depok Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kustandi, C. dan Sutjipto. B. 2013. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Sulfi, S., Asdar, A., & Rahmaniah, R. (2022). Materi Ajar IPA Berbasis Digital Content Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(2), 176–184. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1457

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>