Pengaruh Media Puzzle Kata Berbasis Teknik Montessori Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene Kepulauan

Authors

  • Aldias Aldias Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5323

Keywords:

Media Puzzle Kata, Teknik Montessori, Keterampilan Membaca Permulaan, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media puzzle kata berbasis teknik Montessori terhadap keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari 55 siswa kelas I SD yang tersebar pada dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I di empat sekolah dasar di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle kata berbasis teknik Montessori memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan, dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu, media ini juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,005. Temuan ini mengindikasikan bahwa media puzzle kata berbasis Montessori efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca serta motivasi belajar siswa.

This study aims to describe the impact of Montessori-based word puzzle media on early reading skills and student learning motivation. The study uses a quasi-experimental design with a pretest-posttest non-equivalent control group approach. The research sample consists of 55 first-grade students across two experimental classes and two control classes. The population of this study is all first-grade students from four elementary schools in Balocci District, Pangkajene Kepulauan Regency. The results of the study indicate that Montessori-based word puzzle media has a positive and significant impact on early reading skills, with a significance value of 0.000, which is less than 0.05. Additionally, this media also has a positive and significant impact on student learning motivation, with a significance value of 0.000, which is less than 0.005. These findings suggest that Montessori-based word puzzle media is effective in improving both early reading skills and student learning motivation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. K. S. M. W., . L. A. W., & . S. H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran 2 Dimensi Berbasis Montessori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Di SDN Kalisalam 1 Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.47233/jpst.v2i1.661

Hartadiyati, E., Utami, R. E., & Rubowo, M. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), November.

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4).

Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4).

Khoirin, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.435

Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(2).

Nugrahanta, G. A., Pamardi, E. H., Suparmo, P. M., Relita, H., Sekarningrum, V., Swandewi, N. K., & Tyas, F. (2022). Pengaruh Program Literasi berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2).

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prihantoro, D. (2022). Penggunaan Puzzle sebagai Solusi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di SD Negeri 03 Sengare. Action Research Journal, 1(3).

Putri, M. T. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Qarimah, N. N., Syamsuri, A. S., & Akhir, M. (2022). PERBANDINGAN METODE MONTESSORI DAN METODE SAS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDIT RAFFASYA BAITUL MAKMUR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6028

Sejati, A. W., & Yumpi-R, F. (2016). Pengaruh Metode multisensori terhadap kemampuan mengingat huruf alfabet pada siswa kelompok bermain di sekolah cahaya nurani jember. Applied Microbiology and Biotechnology, 12(2).

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10).

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Aldias, A., Hamsiah, A., & Asdar, A. (2024). Pengaruh Media Puzzle Kata Berbasis Teknik Montessori Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Bosowa Journal of Education, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5323

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>