Penerapan Nilai Budaya Lokal Dalam Cerita Rakyat Bugis-Makassar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IV SDN Mamajang I Kota Makassar

Authors

  • Sri Wahyuni Sekolah Dasar Negeri Mamajang I Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1882

Keywords:

Nilai Budaya Lokal, Cerita Rakyat, Bugis, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai-nilai dan penerapan budaya lokal yang terdapat dalam cerita rakyat Bugis-Makassar sebagai upaya pembentuk karakter siswa siswa kelas IV UPT SPF SDN Mamajang 1. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Data dalam penelitian adalah Kelas IV di UPT SPF SDN Mamajang I dengan jumlah siswa 18 orang dan sumber data penelitian yang dipilih yaitu buku cerita rakyat Bugis-Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). nilai-nilai budaya lokal yang terdapat dalam cerita rakyat Bugis-Makassar sebagai upaya pembentuk karakter siswa kelas IV UPT SPF SDN Mamajang 1 yaitu penguatan nilai-nilai karakter dalam cerita rakyat dan penerapan budaya lokal yang sesuai dengan nilai kebangsaan. Beberapa penerapan budaya lokal yang diterapkan seperti budaya tabe’, pacce’ dan abbulo sibatang. Hal tersebut sesuai dengan nilai kebangsaan Indonesia yaitu nilai-nilai saling menghormati dan menghargai serta bermusyawarah. Adapun nilai-nilai yang termuat dalam cerita yaitu sikap peduli, bijaksana, berinisiatif, berhati lembut, hemat, bersyukur, sopan santun, tanggung jawab, musyawarah, gigih, sopan, pemaaf, sabar, toleransi, rasa malu, tolong menolong, cerdas, terbuka, berani, cerdik, kerjasama, patuh, empati, berani berbuat benar, patuh, bersyukur, baik sangka, ksatria, mawas diri, sabar, jujur, pemaaf, berhati lembut, dan terpuji. 2) penerapan budaya lokal Bugis-Makassar sebagai upaya integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pada siswa kelas IV UPT SPF SDN Mamajang 1 yaitu a) menyiapkan buku cerita rakyat di kelas/dipojok baca b) membaca sekitar 10-15 menit, c) mengidentifikasi nilai moral yang terdapat dalam cerita tersebut, d) melakukan penguatan nilai-nilai karakter cerita rakyat dan penerapan budaya lokal yang sesuai dengan nilai kebangsaan.

The study aims to determine the values and application of local culture contained in the Bugis-Makassar folklore to form the character of the fourth-grade students of UPT SPF SDN Mamajang 1. The type of research is qualitative research. The data in the study is from Class IV at UPT SPF SDN Mamajang I with 18 students, and the research data source selected is the Bugis-Makassar folktale book with the names of the book authors Isnaeni Wahab and Nurhadifah Amaliyah, white cover, published the year 2019, published by JL (Jusuf Ariyani Learning) and consists of 173 pages. The research instruments used were observation, interviews, questionnaires, note-taking, and documentation techniques. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and Conclusion Drawing/Verification. The results showed that 1). local cultural values contained in the Bugis-Makassar folktale as an effort to form the character of the fourth-grade students of UPT SPF SDN Mamajang 1, namely strengthening character values in folklore and the application of local culture in accordance with national values. Some local cultural practices are applied, such as tabe', pacce' and abbulo sibatang culture. This is in accordance with the Indonesian national values, namely the values of mutual respect and appreciation and deliberation. The values contained in the story are caring, wise, initiative, soft-hearted, thrifty, grateful, polite, responsible, deliberation, persistent, forgiving, patient, tolerant, shy, helpful, intelligent, and open. , brave, smart, cooperative, obedient, empathetic, daring to do right, respectful, grateful, kind, courteous, introspective, patient, honest, forgiving, soft-hearted, and commendable. 2) the application of Bugis-Makassar local culture as an effort to integrate character values in learning for class IV students of UPT SPF SDN Mamajang 1, namely 1) preparing folklore books in the classroom/reading corner 2) reading about 10-15 minutes, 3) identifying the moral values contained in the story, 4) strengthening the character values of folklore and the application of local culture in accordance with national values.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, F. N., & Sulistyo, E. T. (2017). Cerita rakyat Dewi Sritanjung sebagai upaya mewujudkan pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal. In Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture (pp. 606-610).

Hamsiah, Andi, dan Mas’ud Muhammadiyah. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya” 19 (2019): 9.

Hamsiah, Andi., Muhammaditah, Mas’ud Muhammadiyah., dan Asdar. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Elompugi. Jurnal Ecosystem Volume 19, Nomor 1, Januari – April 2019

Kemendiknas, 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Linda & Eyre, Richard. Mengajarkan Nilai-nilai Kepada Anak (Terjemahan Alex Trikantjono Widodo), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995

Supriatna, mamat. (2009). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyanto. 2008. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah

Wahab dan Amaliyah, “The Implementation of School Literacy Movement by Using Storybook in Elematary School”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/36727

Wahab, Isnaeni, dan Nurhadifah Amaliyah. “Identifikasi cerita anak berbasisi budaya lokal untuk membudayakan literasi di SD.” 2021-09-02 35, no. 2 (9 Desember 2019): 176. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p176-185

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Wahyuni, S., Hamsiah, A., & Asdar, A. (2022). Penerapan Nilai Budaya Lokal Dalam Cerita Rakyat Bugis-Makassar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IV SDN Mamajang I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(1), 28–31. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1882