Kesulitan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Lariangbangi I Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2634Keywords:
Kesulitan Menulis, Paragraf DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis paragraf deskripsi, faktor penyebabnya dan upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan objek penelitian yaitu siswa kelas IV UPT SPF SDN Lariangbangi I Kota Makassar yang berjumlah 42 Orang dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menulis menulis paragraf deskripsi adalah Kesesuian judul dan tulisan, kesesuaian rangkaian tema dan kalimat, penulisan ejaan, penulisan huruf kapital, pilihan kata atau diksi Penulisan struktur kalimat dan kerapihan tulisan. Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menulis paragraf adalah kurangnya persiapan siswa, siswa selalu membutuhkan contoh, tidak mampu mengembangkan kalimat menjadi paragraf, siswa tidak mengikuti kaidah penulisan yang benar dan siswa kekurangan kosakata. Dan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis paragraf deskripsi adalah memperbanyak latihan menulis paragraf pendek untuk siswa dengan bermacam- macam topik, mengajarkan kembali kaidah penulisan yang benar dan mengajak siswa untuk lagsung menerapkannya, meningkatkan kemampuan mereka mengembangkan ide, mengarang meniru model karangan, mengarang menggunakan bantuan gambar atau tanpa gambar, dan menggunakan media, metode, dan taktik belajar yang sesuai.
This study aims to determine students' difficulties in writing descriptive paragraphs, the causal factors and efforts to overcome these difficulties with the research object, namely class IV UPT SPF SDN Lariangbangi I Makassar City, totalling 42 people using a qualitative research approach. The results showed that students' difficulties in writing descriptive paragraphs were the suitability of titles and writing, the usefulness of a series of themes and sentences, writing spelling, writing capital letters, choice of words or diction, writing sentence structure and neatness. Factors that cause students' difficulties in writing paragraphs are the lack of student preparation, and students always need examples, cannot develop sentences into sections, need to follow the correct writing rules and lack of vocabulary. And the efforts made by the teacher to overcome students' difficulties in writing descriptive paragraphs are to increase the practice of writing short paragraphs for students on various topics, teach the correct writing rules again and invite students to apply them directly, increase their ability to develop ideas, compose imitating writing models, writing with the help of pictures or without pictures, and using appropriate learning media, methods and tactics
Downloads
References
Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Alim, S., Paradhita, N., & Florentina, T. (2021). The compassionate leadership profile: A case study in the saving and loan cooperative leadership of Bhina Raharja. 1(2), 54–60.
Asifunnida, (2016) Analisis Kesulitan Belajar Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Iv Di Mi Darussalam Wonodadi Blitar. UIN Satu Tulung Agung.
Asova, R. N. (2019). Peran guru dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas rendah di sdn 3 jurug, sooko, ponorogo. (Electronic theses of IAIN Ponorogo), 91.
Pannen, Paulina, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Piaget, Jean. 2002. Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Rohmadi, Muhammad, dan nasucha, Yakub. 2000. Paragraf Pengembangan & Implementasi, Yokyakarta: Media Perkasa
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington. DC: National Center for Improvement Educational System.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emi Santagu, Asdar Asdar, Andi Hamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.