Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2639Keywords:
Model Pembelajaran Scramble, Media Flash Card, Keterampilan Menulis DeskripsiAbstract
Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Ekperimental Research dengan desain Non- Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “uji t”. Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t setelah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data hasil belajar siswa (posttest). Data diperoleh hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 77,05 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 87,36. Dari data tersebut diperoleh bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung(2,875) > ttabel(2,032) dengan Sig(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,007. Jadi hipotesis terbukti diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media flash card berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga tahun ajaran 2022/2023.
This study aims to determine whether the Scramble Learning Model Assisted by Flash Card Media affects the learning outcomes of students' description writing skills in class IV SD Negeri 45 Talaga. The type of experimental research used is Quasi-Experimental Research with a Non-Equivalent Control Group Design. The sample of this research was fourth-grade students at SD Negeri 45 Talaga, totaling 42 students. Data collection techniques are used in the form of observation, documentation, and tests. The data analysis technique is done by statistical calculation "t test." Student learning outcomes were analyzed with the t-test after the prerequisite test, namely the normality test and the homogeneity test of student learning outcomes data (posttest). Data obtained from learning outcomes in the control class obtained an average of 77,05, while the experimental class obtained an average of 87,36. These data found that the learning outcomes in the experimental class were higher than those in the control class. The results of the t-test show that the value of tcount(2,875) > table (2,032) with Sig(2-tailed)< 0,05 is 0,007. So the hypothesis is proven to be accepted. Thus, the scramble learning model assisted by flash card media influences the learning outcomes of writing description skills for class IV SD Negeri 45 Talaga academic year 2022/2023.
Downloads
References
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hotimah, E. (2010). “ Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Murid Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas IIMi Ar-Rochman Samarang Garut.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hotimah, 4(1), 10–18. Retrieved from www.journal.uniga.ac.id
Semi, Atar. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya.
Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulfasyah. 2018. Indonesian language is a subject that puts writing as a skill to be taught. Indonesia Journal of Applied Linguistics. Vol. 7
Tarigan, Djago. 1983. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurfaega Rahim, Syahriah Madjid, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.