Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo

Authors

  • Mahathir Muhammad Sekolah Dasar Inpres Pannampu II Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2641

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Youtube, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran berbasis youtube terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V Di UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experimental design dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control grup design pendekatan kuantitatif.  Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SD INPRES Pannampu III, Kecamatan Tallo, Kota Makassar dengan jumlah siswa 42 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 26 orang perempuan.  Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD INPRES Pannampu III dengan menggunakan media pembelajaran berbasis youtube.

This study aims to describe YouTube-based learning media for the interests and learning outcomes of class V students at UPT SPF SD Inpres Pannampu II, Pannampu Village, Tallo District, before and after using YouTube-based learning media. The type of research used is Quasi-Experimental Design research with a non-Equivalent Pretest Posttest Control Research Research Design Group Design Quantitative Approach. At the same time, the sample of this study was a class V student of UPT SPF SD Inpres Pannampu III, Tallo District, Makassar City, with several 42 students consisting of 16 men and 26 women. The results showed that learning media affected students' interests and learning outcomes on temperature and heat material. A sig value was obtained based on the Multivariate Test table in the Manova test. 0,000 <0.05, then H0 is rejected, and Ha is accepted. So it can be concluded that there are significant differences in the interests and learning outcomes of students of class V UPT SPF SD Inpres Pannampu III using YouTube-based learning media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, Hamdan Husein. 2021. Media Pembelajaran MI / SD. edited by D. N. Ariani. Semarang: CV Graha Edu.

Nurdiansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Vol. 4. edited by M. P. Pandi Rais, S.Pd. Sidoarjo, Jawa Timur: Umsida Press.

Ernawati, Ni Putu Eka. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja.” Stilistika 9(1):1–15. doi: 10.5281/zenodo.4295628.

Fikri, Husnul, and Ade sri Madona. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Bebasis Multimedia Interaktif. edited by Hendrizal. Yogyakarta: Samudra Biru.

Gus, Asrul. 2021. “Pengaruh Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Di Smkn 3 Selong Lombok Timur.” PADAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1(2):1–7. Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Vol. 1. Jakarta: Kencana.

Japar, Muhammad. 2018. Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 53. Bandung: Alfabeta. Luis, Francisco, and Gil Moncayo. 2021. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. edited by E. Sulasmi. Yo: Pustaka Ilmu.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2019. Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Surabaya: Sunan Ampel Press.

Samsu. 2017. Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. edited by Rusmini. Jambi: Pusaka Jambi.

Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Catakan I. Jawa Tengah: Stain Salatiga Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. 22nd ed. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Heri, and Helmi Akmal. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. edited by B. Subiyakto. Banjarmasin.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Muhammad, M., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo. Bosowa Journal of Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2641

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>