Pendidikan Karakter Dan Motivasi Guru Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Parepare
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3824Keywords:
Pendidikan Karakter, Motivasi Guru, Interkasi Sosial, Peserta DidikAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi guru terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare berjumlah 121 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, uji F simultan dan uji regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap interaksi sosial diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. Jadi, ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare.
The purpose of this study was to analyze the effect of character education and teacher motivation on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City. This type of research is quantitative with the research subjects being elementary school students in Ujung District, Parepare City, totaling 121 students. The data collection method used is observation and distribution of questionnaires. Methods of data analysis using partial t test analysis, simultaneous F test and multiple linear regression test. The findings show 1) There is a positive and significant effect of character education on social interaction as evidenced by a value of 0.000 <0.05 which means it is related. 2) There is a positive and significant influence of teacher motivation on social interaction as evidenced by a value of 0.000 <0.05 which means it is related. 3) There is a positive and significant influence of character education and teacher motivation together on social interaction obtained a sig value of 0.000 <0.05 which means they are related. So, there is a positive and significant effect of character education on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City.
Downloads
References
Alim, S., Purwasetiawatik, T. F., Saudi, A. N. A., & Susanti, S. (2022). The Short Version of IPIP-BFM Scale Properties Based on Bugis-Makassar Cultural Background: Do the Items Match with Javanese Culture? JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia), 11(2), 196–208. https://doi.org/10.15408/jp3i.v11i2.23404
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675-3688.
Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138-150.
Florentina, T., & Alim, S. (2020). Factors Analysis of IPIP-BFM-50 as Big Five Personality Measurement in Bugis-Makassar Culture. Ecosystem, 20, 156–167.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.
Hendriana, E.C. & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPID (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 1, No. 2. 25-29.
Hj. Aisyah M. Ali (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Insani, G. N, Dinie Anggraeni Dewi & Yayang Furi Furnamasari. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5 No. 3.
Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482-3489.
Sari, N. K. & Puspita, L.D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, Vol. 2, No. 1.
Sari, V. P. (2017). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi Sarjana, IAIN Tulungagung.
Sinar, E. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd Inpres Lanraki 1 Kota Makassar
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Sewarjana, I Ketut (2022). Konsep Pengetahuan Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan Pandemi Covid 19, Akses Layanan Kesehatan- Lengkap dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel dan Contoh Kuesionernya.Yogyakarta: ANDI.
Suaraya News: 2018. Kasus Bullying, Komite SDN 3 Parepare Segera Rekomendasikan Evaluasi Menyeluruh.
Suaraya News. (diakses pada 16 Januari 2023) Sugiyono (2002). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Manajemen Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi, (Bandung: Alfabeta, h. 396.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016
Sukma, W. H., Saraswati, N. I., & Setiawati, N. (2022). Penanaman karakter disiplin pada interaksi sosial siswa sekolah dasar. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 56-62.
Syuhada, Aris. (2014), Keindahan Seni Mendidik dengan Karakter dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Prosiding diakses di
Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.
Viona, V., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 356–363.
Rosnani, S Hamid, S Madjid –(2023) Pendidika n Karakter, Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa: Makassar Chakti Pustaka Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nureni Idris, Syamsul Bahri, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.