Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar

Authors

  • Sunarsi Sunarsi Sekolah Negeri Mangkura I Kota Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3826

Keywords:

Problem Based Learning, Audio Visual, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkura I Makassar, kelas V-A sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas V-B sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.  Berdasarkan hasil analisis uji-t (uji paired sample t-test) maka diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik karena setelah digunakan model pembelajaran ini peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan kemampuan berpikir kritisnya, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis audio visual terhadap motivasi belajar karena motivasi belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah menggunakan model pembelajaran ini.

The purpose of the study was to determine: (1) the effect of problem-based learning model based on audio visual on students' critical thinking ability, and (2) the effect of problem-based learning model based on audio visual on students' learning motivation. This type of research is a pretest-posttest control group design. The sample in this study were fifth grade students at SDN Mangkura I Makassar, 32 students in class V-A as the experimental class, and 31 students in class V-B as the control class. The data collection methods used are critical thinking skills tests, and questionnaires. While the data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistical analysis.  Based on the results of the t-test analysis (paired sample t-test), it was concluded that: (1) there is an effect of problem-based learning model based on audio visual on the critical thinking ability of students because after using this learning model students experience a significant increase in their critical thinking ability, (2) there is an effect of problem-based learning model based on audio visual on learning motivation because students' learning motivation increases significantly after using this learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, S., Petsangsri, S., & Morris, J. (2022). Does an activated video camera and class involvement affect academic achievement? An investigation of distance learning students. Education and Information Technologies.

Alim, S., & Rakhmat, H. A. B. (2020). The construction of academic optimism scale (AOS) to describe optimism in educational Setting. Ecosystem, 20, 199–206.

Andayani, Y., Sridana, N., Kosim, Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2019). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA Dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Sumba, 3(2), 53–60.

Aprilia, E. F. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X pada Mata Pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1–157.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Degeng, Nyoman, S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurroahman, Muhammad. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis: disertai Ilustrasi dan Latihan. Bandung: PT. Nuansa.Kompas. (2020).

Husain, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Huda, F. A. (2021). Pengertian Rancangan Penelitian. https://fatkhan. web.id/pengertian-rancangan-penelitian-dan-penelitian kuantitatif.

Huda, Miftahul. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Indriani, D. (2019). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional, 3, 851–854. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Istianti, Rini. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gadingan. PPSD/ PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Lisnawati, T., & Pribadi, B. A. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 2912–2921.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman, (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2018.) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo PersadaSanjaya, W. (2006.) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiani, Ani & Donni Juni Priansa. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahatsya.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Hendra. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Kompas Media.

Susilowati, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. (2007). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Syukur, Sulihin B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisnawati Ernie S, (2005). Pengantar Manajemen, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Cetakan keempat belas). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Widuri, M. C., & Madiun, U. P. (2022). Peningkatan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Menggunakan Model Problem Based Learning Dasar. 3, 841–848.

Wijaya, S. H., & Astuti, S. (2022). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Berpikir kritis Matematika. Jurnal Basicedu, 6(3), 3736–3746

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sunarsi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 01–11. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3826