Efektivitas Metode Problem Based Learning Dengan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang

Authors

  • Hakiki Hakiki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3832

Keywords:

Metode Problem Based Learning, Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran yang baik apabila guru mampu mengelola kelas dengan pembelajaran yang inovatif dengan menggunkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa berusaha sendiri seperti  pada pembelajaran IPA dengan  menggunakan metode Problem Based Learning dan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis efektivitas metode Based Learning dengan Pembelajaran saitifik terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 419 sampel  52 orang siswa. Data hasil  penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu SPSS versi 26 dengan Teknik analisis data Independent Sampel T-test ,analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menemukan nilai signifikansi sebesar 0,034 dengan kata lain yakni 0,034 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yakni ada perbedaan peningkatan hasil belajar IPA tentang organ pernapasan manusia antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Problem Based Learning dengan yang diajarkan pembelajaran saintifik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan  kelas yang menerapkan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar kelas V di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Good learning if the teacher is able to manage the class with innovative learning using learning methods that can make students try on their own, such as in science learning using the Problem Based Learning method and scientific learning methods. This research aims to analyze the effectiveness of the Based Learning method with scientific learning on learning outcomes. This research uses quasi-experimental research, using a non-equivalent control group design. The population in the study amounted to 419 samples of 52 students. Research data was collected using questionnaires and observations. The data analysis technique used is SPSS version 26 with the Independent Sample T-test data analysis technique, data analysis consists of a normality test, homogeneity test and t test. The results of the research found a significance value of 0.034, in other words, namely 0.034 < 0.05, so H0 was rejected and H1 was accepted, namely that there was a difference in the increase in science learning outcomes regarding human respiratory organs between students taught Problem Based Learning and those taught scientific learning so it can be concluded that there is a difference in effectiveness between classes that apply the Problem Based Learning learning method and classes that apply scientific learning methods on class V learning outcomes in Suppa District, Pinrang Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52.

Alim, S., Petsangsri, S., & Morris, J. (2022). Does an activated video camera and class involvement affect academic achievement? An investigation of distance learning students. Education and Information Technologies. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-022-11380-2

Arends, R. I. (2013). Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Salemba Humanika.

Fathurrohman, P., Suryana, & Fatriany, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. PT RajaGrafindo Persada.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses 30 Februari 2023, dari https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/1/190000

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hakiki, H., Muhammadiah, M., & Asdar, A. (2023). Efektivitas Metode Problem Based Learning Dengan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Bosowa Journal of Education, 4(1), 132–139. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3832

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>