Penerapan Strategi Porpe Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 73 Parepare

Authors

  • Nelfi Sartika Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3837

Keywords:

Strategi PORPE, Literasi Membaca, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa kelas IV UPTD SD Negeri 73 Parepare dengan menerapkan strategi PORPE. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan kategori cukup (C). Pada siklus II aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran sehingga telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi PORPE dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV UPT SDN 73 Parepare dengan data yang diperoleh dari soal evaluasi akhir siswa.

This study aims to determine the reading literacy skills of class IV students UPTD SD Negeri 73 Parepare by applying the PORPE strategy. This research used Classroom Action Research (PTK). The type of approach used is a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, tests and documentation. The research subjects were 1 class teacher and 25 students. The research was conducted in two cycles. The results of this study indicate that the activities of teachers and students in cycle I have not yet reached the success indicator with the sufficient category (C). In cycle II, the activities of teachers and students have increased in the learning process so that it has reached the success indicator with the good category (B). The conclusion of this study is that the application of the PORPE strategy can improve the reading skills of of class IV students UPTD SD Negeri 73 Parepare with data obtained from the students' final evaluation questions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Edo Sulistio, Risnawati, and Fera Zasrianita. 2021. “The Effect of PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) Strategy on Students’ Ability in Comprehending Descriptive Text.” International Journal of Innovative Science and Research Technology 6(2).

Djamarah, Syaiful Bahri., & Zain, Azwar. 2014. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Citra.

Effendi, M. 2017. Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fikriyah, N. N., Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2020). Penerapan Strategi Porpe Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 20-29

Harianto, E. 2020. Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8

Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Rosda Karya.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusmana, Suherli. 2009. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Ketsa.

Nikmatulaili, Riska. 2019. “Penerapan Strategi Predict, Organize, Rehearse , Practice , And Evaluate ( PORPE ) Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman.” Unesa: 3439–48.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkancana, Wayan. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nuttall, C. 2007. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. Oxford: Heinemann.

Mahendrayana, Gede. (2016). Implementasi Teknik Porpe Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. PRASI. 11(1) 12-26

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saddhono, K., and Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia: Teori Dan Aplikasi. 2nd ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saiful., Jabu, B., & Atmowardoyo, H. 2019. The Effect of the PORPE Method on Student’s Reading Comprehension and Metagocnitive Awarenes. Journal of Languange Teaching and Research, 10(3), hlm. 569-582

Setyaningrum, Linda Wahyu, Andayani, and Kundharu Saddhono. 2018. “Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(2): 49–61.

Silfia, Efa. 2019. “The Effect of PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice and Evaluate) Strategy towards Reading Comprehension.” Journal of English Education Studies 1(2): 118–24.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tampubolon, M Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sartika, N., Hamsiah, A., & Asdar, A. (2023). Penerapan Strategi Porpe Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 116–121. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3837