Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Narasi Melalui Teknik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Era Merdeka Belajar Kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare

Authors

  • Hadijah Hadijah Dinas Pendidikan Kota Parepare
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3847

Keywords:

Menulis Esai Narasi, Mind Mapping Techniques, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan teknik mind mapping dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis Esai Narasi melalui penerapan teknik mind mapping pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), . Hasil penilaian kemampuan menulis esai narasi dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (61,1), (69), (81,18). Hasil penilaian Ketuntasan Belajar sampai siklus II yaitu siklus I (tuntas 43%, dan tidak tuntas 57%) dan untuk siklus II (tuntas 90% dan tidak tuntas 10%) Kesimpulan, proses pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menulis esai narasi melalu teknik mind mapping pada siswa kelas V mengalami peningkatan.

The purpose of this study to know the increase in student learning activities through the application of mind mapping techniques and to describe the improvement of the ability to write narrative essays through the application of mind mapping techniques at class V UPTD students SD Negeri 53 Parepare. This study used a qualitative approach with descriptive methods. The form of research is Classroom Action Research (PTK). The assessment results show that the ability to write narrative essays from the base line to cycle II with an average score of (61.1), (69), (81.18). The results of the Learning Completeness assessment until cycle II are cycle I (43% complete, and 57% incomplete) and for cycle II (90% complete and 10% incomplete). Based on the data obtained, it can be concluded that the learning implementation process and the ability to write narrative essays through the mind mapping technique have increased at class V UPTD students SD Negeri 53 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. 6th ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iskandar. 2009. Tekhnik Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Nasih, A. M., and L. N. Kholidah. 2009. Tekhnik Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ngrampal, Kecamatan et al. 2023. “Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Analisis Kemampuan Menulis Teks Narasi Kelas III SD Negeri Ngarum Analysis of Ability to Write Narrative Text Class III Ngarum Elementary School 3, Ngrampal District ,.” 6(1): 50–59..

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurkancana, Wayan. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Purba, A. 2008. Esai Sastra Indonesia: Teori Dan Penulisannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Roycha, Nadya, and Hendratno. 2023. “Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) 11(vol 11 no 4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53268.

Saddhono, K., and Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia: Teori Dan Aplikasi. 2nd ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sahutni, Reza Utami, Agus Wartiningsih, and Agus Syahrani. 2022. “Penerapan Tekhnik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII.” Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa 11(8): 2715–23.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soelistiowati, Eni, Sujinah Sujinah, and Ali Nuke Affandy. 2018. “Film Zootopia: Alternatif Media Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas 8 SMP Negeri 22 Surabaya.” Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2(2): 82.

Somadi, Susi. 2021. “Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Berorientasi Pada Struktur Teks Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang.” Wistara 4(2): 129–39.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Tekhnik Penelitian Kuantitatif Kualititaif Dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Tekhnik Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukawati, Sary. 2017. Terampil Menulis Esai. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi.

Sukirman. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Konsepsi 9(2): 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thomas, Angelo, and Patricia Cross. 1993. Classroom Assesment Techniques: A Handbook For College Teachers. California: Jossey Bass.

Tukiran, Taniredja. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiasti, Erlinda Restu, and Hanum Hanifa Sukma. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Narasi Melalui Tekhnik Mind Mapping Kelas IV Sekolah Dasar.” Fundamental Pendidikan Dasar 01(03): 1–4.

Widyamartaya, and Sudiati. 2004. Kiat Menulis Esai Ulasan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wijayanti, S. H. 2013. Bahasa Indonesia, Penulisan Dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuchdi, Darmiyati, and Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hadijah, H., Hamsiah, A., & Asdar, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Narasi Melalui Teknik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Era Merdeka Belajar Kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 72–75. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3847