Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar

Authors

  • Dhani Aswira UPT SPF Sekolah Dasar Maccini Sombala Kota Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4462

Keywords:

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Audiovisual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa di UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar, menggunakan desain Quasi Experimental Pretest-Posttest. Penelitian membandingkan dua kelompok: kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model inkuiri terbimbing dengan media audiovisual dan kelas IV-B sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional. Hasil menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, terbukti melalui perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Analisis statistik deskriptif dan inferensial memperkuat kesimpulan bahwa model ini memberikan dampak positif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

This research aims to examine the effectiveness of the guided inquiry learning model assisted by audiovisual media on student science learning outcomes at UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Makassar City, using a Quasi Experimental Pretest-Posttest design. The study compared two groups: class IV-A as an experimental group that applied the guided inquiry model with audiovisual media and class IV-B as a control group with conventional methods. The results showed that the application of the guided inquiry learning model assisted by audiovisual media significantly improved student engagement and learning outcomes, as evidenced by the significant difference between pretest and posttest scores. This finding supports previous research showing that the guided inquiry model is effective in improving students' understanding and learning outcomes. Descriptive and inferential statistical analysis reinforces the conclusion that this model has a positive impact on science learning in primary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahaya, I. M. E., Poerwati, C. E., & Suryaningsih, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2534

Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunandi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1).

Hasdaniah, S., Rukayah, & Syamsudin, Muh. M. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Storytelling Dengan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok A TKIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal UNS, 3(1).

Jaya, T. D., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.44

Jeljeli, R., Farhi, F., Hamdi, M. E., & Saidani, S. (2022). The Impact of Technology on Audiovisual Production in the Social Media Space. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 11(6). https://doi.org/10.36941/ajis-2022-0148

Kurniawati, K., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(1).

Liwa Ilhamdi, M., Novita, D., & Nur Kholifatur Rosyidah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162

Nicolaou, C., & Kalliris, G. (2020). Audiovisual media communications in adult education: The case of cyprus and greece of adults as adult learners. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 10(4). https://doi.org/10.3390/ejihpe10040069

Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2). https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Simamora, R. H., & Saragih, E. (2019). Penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat: Perawatan penderita asam urat dengan media audiovisual. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1). https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.20719

Simbolon, D. H., Kartika Silalahi, E., Perbina, T., Pepayosa, M., & Sitepu, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Suing, A., Arrobo-Agila, J. P., Coronado-Otavalo, X., Galarza-Ligña, V., & Reascos-Trujillo, A. (2023). Audiovisual Competences in Times of COVID-19: The Role of Educational Actors in Media and Digital Learning of Adolescents. Sustainability (Switzerland), 15(7). https://doi.org/10.3390/su15076323

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Aswira, D., Hamid, S., & Rahmaniah, R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 238–242. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4462

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3