Pengaruh Strategi High Five Dan Strategi 3-2-1 Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Murdaya Syeila Putri UPT SPF Sekolah Dasar 8 Binamu Kabupaten Jeneponto
  • Masud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4468

Keywords:

Reading comprehension ability, High Five strategy, strategy 3-2-1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi High Five dan strategi 3-2-1 dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di UPT SD Negeri 8 Binamu Kab. Jeneponto. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes dilaksanakan dua tahap yaknin pre test sebelum diberikan perlakuan dan post test setelah diberikan perlakuan strategi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi High Five dan strategi 3-2-1 dapat mempengaruhi keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Terdapat perbedaan peningkatan Keterampilan membaca pemahaman antara kelas yang memperoleh pembelajaran dengan strategi High Five dengan kelas strategi 3-2-1. Peningkatan Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi 3-2-1 lebih tinggi dibandingkan dengan Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi High Five.

This study aimed to examine the effect of the High Five strategy and the 3-2-1 strategy in reading comprehension learning of elementary school students. In this study the approach used was quantitative. The subject of this study was a grade III student at UPT SD Negeri 8 Binamu Kab. Jeneponto. The instrument used is a test. The test is carried out in two stages, namely pre-test before treatment and post-test after treatment given the strategy that has been set. The results showed that the High Five strategy and the 3-2-1 strategy can improve the reading comprehension of elementary school students. There is a difference in reading comprehension skills between classes that get learning with the High Five strategy and the 3-2-1 strategy class. The increase in reading comprehension of students who obtained learning with the 3-2-1 strategy was higher than the reading comprehension ability of students who obtained learning with the High Five strategy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani Safitri, K. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 3 Ranomeeto . Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan , 4.

Apriyanti. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Membaca Di Kelas 1 Sdn 003 Pulau Jambu Kecamatan Cerenti. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineta Cipta.

Cahyani, A. K. (2016). Peningkatan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (Qar) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar .

Djabir, Z. &. (2020). Strategi Pemahaman Membaca 3-2-1: Membaca Siswa Pengembangan Pemahaman Dan Persepsi Siswa . Langua-Jurnal Linguistik, Sastra, Dan, Pendidikan Bahasa .

Elpis. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sdn 010 Jaya Mukti . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Harahap, E. M. (2022). Keterampilan Membaca Kritis Dalam Menganalisis Unsur-unsur Cerita Fantasi. Linguistik .

Sukendra, I. K. (2020). Pengertian Instrumen Penelitian. In I. K. I Komang Sukendra, Instrumen Penelitian (p. 12). Bali: Mahameru Press.

Ilham Agustian, H. E. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu . Jurnal Professional FIS UNIVED .

IMS Widyantara, I. R. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia .

Ina Magdalena, R. S. (2021). Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 09 Kamal Pagi . Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial , 2.

Irdawati, Y. d. (2020). Meningkatkan KeterampilanMembaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol . Jurnal Kreatif Tadulako Online .

Magdalena Ina, B. C. (2020). Meningkatkan KeterampilanMembaca Melalui Strategi Pembelajaran Know Want Learned (Kwl) Siswa Dikelas Iv Sdn Pinang 1. Jurnal Edukasi dan Sains.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education.

Nizary Muhammad Afifullah, A. N. (2021). Validitas Instrumen Asesmen (Analisis Validitas Isi Dan Konstruk Instrumen Asesmen Buku Pelajaran Al Quran Hadis Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Materi Surat Ad Dhuha Bab Vi. Jurnal Contemplate Jurnal Pendidkan Bahasa Arab, 5.

Nurulfat Riani, N. K. (2021). Analisis KeterampilanMembaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Jatirasi Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3.

Rafni, H. (2022). Strategi High Five Dalam Membaca Pemahaman . Journal of Education Science , 3.

Rahel Sonia Ambarita, N. S. (2021). Analisis KeterampilanMembaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Pendidikan.

Rawambaku, H. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Libri.

Razali, N. M. (2011). Power of Shafiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Liliefors and Anderson-Darling Test. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 25.

Restu Rahayu, S. I. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. JURNALBASICEDU.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.

Romansyah, K. (2018). Strategi Membaca Pemahaman Yang Efektif Dan Efisien. Deiksis - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Safitri, A. D. (2020). Peningkatan KeterampilanMmebaca Ekstensif Melalui Metode Survey, Questioning, Reading, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Pa'bundukang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa .

Siddik, A. B. (2021). Penggunaan Teknik Membaca Scanning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa . Jurnal Educatio.

Sri Rahayu, M. A. (2019). Pengaruh Teknik Membaca Intensif Terhadap KeterampilanMenemukan Ide Pokok Paragraf Dalam Artikel "KPK Batman Yang Lelah" Pada Siswa Kelas XXI SMA Swasta Paba Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2021). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Bogor: In Media.

Ulfah Nurul Inayah, D. F. (2021). Analisis KeterampilanMembaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Di Sdn Cipondoh 5 Kota Tangerang . Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Wahyu Ningsih, M. K. (2021). Hubungan Media Pembelajaran . Tarbawi.

Yusnawanti. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Sd Pt. Lestari Tani Teladan (Ltt) Kabupaten Donggala . Jurnal Kreatif Tadulako Online .

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Putri, M. S., Muhammadiah, M., & Hamsiah, A. (2024). Pengaruh Strategi High Five Dan Strategi 3-2-1 Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 259–263. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4468

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>