Efektivitas Program Literasi Guru Dan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging Makassar

Authors

  • Hasrina Islamiyah Sekolah Dasar Negeri Beroanging Kota Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1885

Keywords:

Literasi, Gerakan Literasi, Minat Baca, Makassar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) keadaan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging sebelum dan sesudah penerapan program literasi guru dan Gerakan Literasi Sekolah; (2) pelaksanaan program literasi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging; (3) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging; dan (4) efektivitas program literasi guru dan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex Post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel diambil 10% dari jumlah siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana (uji hipotesis), serta uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi guru, gerakan literasi guru, dan minat baca siswa masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji regresi sederhana diperoleh berdasarkan output pada tabel diketahui nilai T hitung sebesar 82,762 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Gerakan Literasi Sekolah (GLS) efektif dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging. Selanjutnya pada tabel juga diketahui nilai T hitung untuk Program Literasi Guru sebesar 0,485 dengan nilai signifikansi 0,630. Dengan ketentuan tersebut diperoleh T tabel sebesar 2,01063. Sehingga, dengan menggunakan kriteria T hitung > T tabel (3,025 > 2,01063), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Program Literasi Guru efektif dalam menumbuhkan minat baca siswa di UPT SPF SD Negeri Beroanging.

This research was conducted with the aim of determining: (1) the state of reading interest of UPT SPF SD Negeri Beroanging students before and after the implementation of the teacher literacy program and the School Literacy Movement; (2) the implementation of the teacher literacy program in fostering reading interest in UPT SPF SD Negeri Beroanging students; (3) the implementation of the School Literacy Movement in fostering reading interest in UPT SPF SD Negeri Beroanging students; and (4) the effectiveness of the teacher literacy program and the School Literacy Movement in fostering reading interest in UPT SPF students at SD Negeri Beroanging Makassar City. This study uses a quantitative method with an Ex Post facto research design. The population used in this study were all students of UPT SPF SD Negeri Beroanging for the academic year 2021/2022. Sampling was taken 10% of the number of students using the technique of proportionate stratified random sampling with a sample of 51 students. Data collection techniques in this study used a questionnaire (questionnaire), observation, and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistics, normality test, linearity test, simple regression test (hypothesis test), and effectiveness test. The results showed that the teacher literacy program, teacher literacy movement, and student interest in reading were in the very high category. The results of the simple regression test calculation are obtained based on the output in the table. It is known that the calculated T value is 82.762 with a significance value of 0.000 <0.05, then H0 is rejected, and H1 is accepted, which means that the School Literacy Movement (GLS) is effective in a growing interest in reading UPT SPF SD Negeri Beroanging students. Furthermore, the table also shows that the calculated T value for the Teacher Literacy Program is 0.485, with a significance value of 0.630. With these provisions, the T table is 2.01063. Thus, by using the criteria T arithmetic > T table (3.025 > 2.01063), it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means the Teacher Literacy Program is effective in growing student interest in reading at UPT SPF SD Negeri Beroanging.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Nurhayati. 2009. ”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Kota Gorontalo”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 16(2): 125-130.

Anjani, A. S., Dahlan, S., & Mayasari, S. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Tingkat penghasilan Orang Tua Terhadap Aspirasi Melanjutkan Studi. Jurnal Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Artati. (2015). Keteramplan Membaca. JP Books.

Dantes, Nyoman. (2017). Pedagogik dalam Perspektif. Singaraja:Undiksha Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Forum Indonesia Menulis (FIM). (2021). ‘Pedoman Program Guru Motivator Literasi”.

Harjayanti, Mega Dewi. (2017), “Program MLM Meningkatkan Minat Baca Siswa SekolahDasar”,https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/megadewiha/5gd5c8fca8d35e158c17a202/program-mlm-meningkatkan-minat-baca-siswa-sekolah-dasar, diakses 20 Desember 2021.

Idris, Meity H., Izal Ramdani, (2014) Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Diusia Dini, Jalarta Timur: Pt. Luxima Metro Media

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, Listi Mora. (2019). “Meningkatkan Minat Baca di Abad 21” https://www.Riausastra.com/2019/09/20/meningkatkan-minat-baca-di-abad-21/

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-post Facto. JurnalPendidikan Matematika Vol. 1, No. 2, 105-113.

Shihab, Najeela., dan Komunitas Guru Belajar. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Ciputat: Literati.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sundari, Nenden. (2016). Studi Deskriptif Minat Baca Siswa Sekolah Manengah Pertama Kelas VIII di Kota Serang, 2 (2).

Syah. Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo, Hery. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang:Mutiara Aksara

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Islamiyah, H., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2022). Efektivitas Program Literasi Guru Dan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(1), 42–48. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1885

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>