Efektifitas Penerapan Model Disovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Kelipatan Persekutuan Terkecil Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Di Kelas-IV UPT SPF SDN Balang Boddong Makassar

Authors

  • Saktiani Saktiani UPT SPF SDN Balang Boddong Makassar
  • Agustinus Jarak Patandean Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5306

Keywords:

Disovery Learning, Kelipatan Persekutuan Terkecil, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model Disovery Learning dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), serta dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Balang Boddong Makassar. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan sampel siswa kelas IV-A dan IV-B, yang berjumlah 56 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner yang dianalisis menggunakan SPSS. Uji normalitas, homogenitas, dan uji one-sample test digunakan untuk menguji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Disovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi KPK. Siswa yang diajar dengan metode ini menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan lebih aktif dalam diskusi kelas. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Disovery Learning dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, model ini sangat disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar, terutama pada materi yang memerlukan pemahaman konsep yang mendalam.

This study aims to examine the effectiveness of applying the Disovery Learning model in mathematics instruction, specifically on the topic of Least Common Multiple (LCM), and its impact on improving student learning outcomes in grade IV at UPT SPF SDN Balang Boddong Makassar. A quasi-experimental design was used with a sample of 56 students from grade IV-A and IV-B. Data was collected through interviews and questionnaires, then analyzed using SPSS. Normality tests, homogeneity tests, and one-sample tests were applied to validate the data. The results indicate that the application of the Disovery Learning model significantly improved student learning outcomes on the LCM topic. Students taught with this method demonstrated better understanding and greater participation in class discussions. The practical implication of this study is that Disovery Learning fosters a more engaging and interactive learning environment, which ultimately enhances students' interest and academic performance. Therefore, this model is highly recommended for use in elementary school mathematics instruction, especially for topics requiring deep conceptual understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).

Astika, M., Himawati, Sutrio, & Gunawan. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1).

Dara Asshofi, M. P., Damayani, A. T., & . R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Junaidah. (2022). MODEL-MODEL INOVATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.52

Mucholladum, M. W. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2). https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.48

Nurlaili, R., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2021a). Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2).

Nurlaili, R., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2021b). Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Berdasarkan Penelitian Analisis Korelasi Kanonik dari Persilangan Tanaman Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14451

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Salmi, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1). https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Sandra, T. M. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Penilaian Autentik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan …

Sibuea, S. K., Syaukani, & Nasution, W. N. (2019). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs DARUL HIKMAH TPI MEDAN. Edu-Riliga, 3(3).

Supriyanto, A., Budiman, K., & Martaningsih, S. T. (2021). DAMPAK POSITIF DISCOVERY LEARNING MODELS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG SISWA. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5215

Tegal, A. K., Kinesti, R. D. A., Lestari, W. M. P., Hartono, H., Infitah, N., Lestari, W. M. P., Alviansyah, R., Ayu, N. A. Y., Ainol, A., Denny Pratama, L., Lestari, W. M. P., Novita, I. A., Lestari, W. M. P., Malikah, Bidang, A., Lestari, W. M. P., Indriyanto, I., Lestari, W. M. P., Mauliska, N., … Dahlan, U. A. (2021). Bahasa Sebagai Kontrol Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Benegara. Jurnal Seni Tari, 4(1).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Saktiani, S., Patandean, A. J. ., & Burhan, B. (2025). Efektifitas Penerapan Model Disovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Kelipatan Persekutuan Terkecil Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Di Kelas-IV UPT SPF SDN Balang Boddong Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 270–275. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5306

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>