Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembelajaran Karakter Pada Siswa Inklusi Di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5309Keywords:
Implementasi P5, Pembelajaran Karakter, Siswa Inklusi, Profil Pelajar Pancasila, Faktor PenghambatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembelajaran karakter pada siswa inklusi di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar dan mendeskripsikan faktor penghambat implementasi P5 terhadap pembelajaran karakter pada siswa inklusi di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 berhasil menanamkan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, jujur, dan disiplin pada siswa berkebutuhan khusus. Bantuan guru pendamping memudahkan penilaian terhadap karakteristik siswa inklusi. P5 memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan pembentukan karakter mereka. Faktor penghambat implementasi P5 meliputi kurangnya pemahaman guru tentang P5, lingkungan belajar yang belum optimal, keterbatasan waktu dalam alokasi jam pelajaran, dan kesulitan dalam penilaian karakter siswa inklusi.
This study aims to: 1) Describe the implementation of the Strengthening the Pancasila Student Profile (P5) project in character education for inclusive students at SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar, and 2) Identify the factors hindering the implementation of P5 in character education for inclusive students at the school. This research uses a qualitative approach with a case study design. The subjects of the study include the school principal, grade IV teachers, and special needs assistants. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, and document analysis. Data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data validity was ensured through technique and source triangulation. The results of the study indicate that P5 successfully instilled character values such as responsibility, honesty, and discipline in special needs students. The support from special needs assistants facilitated the assessment of the unique characteristics of inclusive students. P5 provided opportunities for students to enhance their knowledge, which played a crucial role in character formation. Factors hindering the implementation of P5 include teachers' lack of understanding of P5, an environment not fully conducive to character development, limited time for lesson allocation, and difficulties in assessing the character of inclusive students.
Downloads
References
Adriana. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi Systematic Literature Review. Jurnal Tiarsie, 18(4).
Agtiani Putri, R., Murtadlo, M., & Wagino, W. (2023). Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa Inklusi. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.323
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Bahtiar, M. R., & Sholeh, M. (2023). Pengaruh kurikulum merdeka belajar dan projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap prestasi siswa di SMA Negeri 10 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(04).
Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1612
Kartikasari, E., Jarmani, J., & Suprihatien, S. (2022). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Siswa Inklusi di UPTD Ponsos Surabaya. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2615
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4). https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Nadlir, M. (2016). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2). https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.338-352
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahmawati, P., & Saptandari, E. W. (2021). Peran Keterampilan Sosial-Emosional Guru terhadap Regulasi Emosi Siswa Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmu Perilaku, 4(2). https://doi.org/10.25077/jip.4.2.120-134.2020
Rosidi, A., & Anam, N. (2021). Formulasi Nilai-nilai Pembelajaran Karakter Berbasis Nilai-nilai Sufistik di Islamic Boarding School Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(1).
Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Eduscience Volume 4 Nomor 2, 4(2).
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, Adr. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3). https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosmiati Rosmiati, Andi Hamsiah, Rahmaniah Rahmaniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







