Penggunaan Metode Outing Class Terhadap Penguasaan Kosakata Dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas VI UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Makassar

Authors

  • Rosmini Rosmini UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Makassar
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5311

Keywords:

Metode Outing Class, Kosakata, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng Makassar dan (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng. Sampel Penelitian ini berjumlah 61 orang siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 31 siswa dan kolompok kontrol berjumlah 30 siswa yang berasal siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng. Setelah melakukan penelitian, disimpulkan bahwa; (1) berdasarkan nilai-test t dari kelompok eksperimen dan kontrol dalam posttest diperoleh hasil lebih rendah dari a (0,000<0,05) dan derajat kebebasan adalah 29. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan tentu saja, hipotesis nol (H 0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode pembelajaran Outing Class terhadap kemampuan kosakata pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng dan (2) berdasarkan hasil analisis data dari posttest dari kedua kelompok diperoleh hasil lebih rendah dari a (0,001<0,05) dan derajat kebebasan adalah 29. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Outing Class terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bulurokeng Makassar dalam kelompok eksperimen.

The aims of this study; (1) to determine the effect of the outing class learning method on vocabulary mastery in class VI UPT SPF students at Bulurokeng State Elementary School, Makassar and (2) to determine the effect of the outing class learning method on descriptive essay writing skills in class VI UPT SPF students at Bulurokeng State Elementary School. The research method used is quantitative research using quasi experimental design. The population in this study were class VI UPT SPF students at Bulurokeng State Elementary School. The sample for this research consisted of 61 students who were divided into 2 groups, namely the experimental group of 31 students and the control group of 30 students who came from class VI UPT SPF students at Bulurokeng State Elementary School. After conducting research, researchers concluded that; (1) based on the t-test value of the experimental and control groups in the posttest, the results were lower than a (0.000<0.05) and the degrees of freedom were 29. This shows that the alternative hypothesis (H1) is accepted and of course the null hypothesis (H 0 ) rejected. This shows that the influence of the Outing Class learning method on vocabulary abilities in class VI students of UPT SPF SD Negeri Bulurokeng and (2) based on the results of data analysis from the posttest from both groups, the results obtained were lower than a (0.001<0.05) and degrees of freedom is 29. This shows that the alternative hypothesis (H 1) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. This shows that there is a significant influence of using the Outing Class learning method on descriptive essay writing skills in class VI UPT SPF students at SD Negeri Bulurokeng Makassar in the experimental group.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, Rahman Rahim, & Andi Syamsul Alam. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Outing Class terhadap Pembendaharaan Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V di SD Negeri 9 Sumanga. EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 3(2). https://doi.org/10.56314/edulec.v3i2.145

Fauziah, C., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2). https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46

Febriana, R. (2017). The Effectiveness Of Projects Based Learning On Students’ Social Attitude And Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(4).

Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model Pjbl-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2). https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375

Kesuma, S., & Kaban, T. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Outing Class pada Mata Pelajaran PKn di SMA Plus Al-Azhar Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5741

SETYAWATI, I. A. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Fabel Atau Legenda. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.51878/language.v2i1.965

Suherdiyanto, Pitalis, M., & Rika, A. (2016). Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1).

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. (2016). The Influence Of Motivation, Learning Styles, Teacher Leadership, And Teaching Intensity On Students’ Leaning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(2). https://doi.org/10.21831/jptk.v23i2.12296

Sumarni, S., Asdar, A., & Hamid, S. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.464

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1).

Wahyudi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Wayba, Alberth, & La Ili. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar SBDP Materi Membuat Karya Kolase Siswa Kelas IV SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(Desember).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rosmini, R., Muhammadiah, M., & Asdar, A. (2025). Penggunaan Metode Outing Class Terhadap Penguasaan Kosakata Dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas VI UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 259–264. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5311

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>