Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Ekososial Siswa Di UPT SDN 1 Bittuang Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Paulina Feronika Arruan UPT SDN 1 Bittuang Kabupaten Tana Toraja
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5326

Keywords:

Media Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Karakter Ekososial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap pembentukan karakter ekososial siswa kelas V di UPT SD Negeri 1 Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, yang berarti peneliti mengamati fenomena yang telah terjadi secara alami tanpa intervensi langsung. Dalam konteks ini, variabel independen yang diamati adalah penggunaan media pembelajaran (X1) dan tingkat kemandirian belajar (X2), sedangkan variabel dependen adalah pembentukan karakter ekososial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Bittuang yang berjumlah 47 siswa, yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus, di mana seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap pembentukan karakter ekososial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter ekososial siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t sebesar 7,565 dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan pembentukan karakter ekososial siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Bittuang. Selain itu, hasil regresi linear sederhana juga menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter ekososial siswa. Nilai t yang diperoleh sebesar 21,275 dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar siswa, semakin baik pembentukan karakter ekososial mereka. Kemandirian belajar memungkinkan siswa untuk mengembangkan tanggung jawab, inisiatif, dan kemampuan berpikir kritis yang berkontribusi pada karakter ekososial mereka.

This study aims to investigate the influence of learning media and learning independence on the formation of ecosocial character of grade V students at UPT SD Negeri 1 Bittuang, Tana Toraja Regency. This study uses a quantitative approach with an ex-post facto research type, which means that researchers observe phenomena that have occurred naturally without direct intervention. In this context, the independent variables observed are the use of learning media (X1) and the level of learning independence (X2), while the dependent variable is the formation of students' ecosocial character. The population in this study were all V grade students of UPT SD Negeri 1 Bittuang totaling 47 students, which were divided into two classes. The sampling technique used is a saturated sample or census, where the entire population is used as a research sample. Data analysis was carried out using simple linear regression to test the effect of learning media and learning independence on students' ecosocial character building. The results showed that learning media had a significant influence on students' ecosocial character. This is evidenced by the t value of 7.565 and the significance value (Sig) of 0.000. These results indicate that the use of effective learning media can improve the formation of ecosocial character of grade V students of UPT SD Negeri 1 Bittuang. In addition, the results of simple linear regression also show that learning independence has a significant influence on students' ecosocial character building. The t value obtained is 21.275 and the significance value (Sig) is 0.000. This shows that the higher the students' learning independence, the better their ecosocial character building. Learning independence allows students to develop responsibility, initiative, and critical thinking skills that contribute to their ecosocial character.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Jakarta: Prenada Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389.

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 14(1), 269–288.

Lickona, T. (2022). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. bumi aksara group 1. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=iMhuEAAAQBAJ

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Meolbatak, E. M., & Bria, Y. P. (2016). Penerapan Model Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Meningkatkan Self Motivated Learning Dan Self Regulated Learning. Media Teknika Jurnal Teknologi, 11(2), 83–90. Retrieved from https://e-journal.usd.ac.id/index.php/MediaTeknika/article/view/519

Morton, T. (2016). For a Logic of Future Coexistence. Retrieved from http://ebookcentral.proquest.com/lib/kbdk/detail.action?docID=4427983.

Mudjiman, H. (2015). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning) (Cetakan ke). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Muhajirin, N. (2019). Strategi Pembinaan Karakter di Smp Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 6(1), 53–66.

Narayan, K. G., Sinha, D. K., & Singh, D. K. (2023). Ecological Concept. In Veterinary Public Health Epidemiology: Veterinary Public Health- Epidemiology-Zoonosis-One Health (pp. 43–48). Singapore: Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-7800-5_4

Nawawi, M. I., Matematika, J., Sains, F., Makassar, U. I. N. A., & Limpo, J. H. M. Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z The Effect of Learning Media on Learning Motivation: Overview based on Generation Z Character. 4(2), 197–210.

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10. https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429

Retno, B., Sahida, D., Tomi, D., Sutrisno, S., Purhanudin, M. V., & Sitopu, J. W. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini Dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2914

Rohm, S., Hopp, F. R., & Smit, E. G. (2022). Exposure to serial audiovisual narratives increases empathy via vicarious interactions. Media Psychology, 25(1), 106–127. https://doi.org/10.1080/15213269.2021.1879654

Uno, H B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=8o5_tQEACAAJ

Uno, Hamzah B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. PT. Bumi Aksara.

Wahyuni, S., Haloho, B., Napitu, U., & Corry, C. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu. Journal on Education, 5(4), 16392–16404. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2794

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Rineka Cpta.

Warsito. (2018). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Wendt, W. R. (2021). What to Think of in the Ecosocial Concept. In Ecology of Common Care: The Ecosocial Approach as a Theory of Social Work and Human Service (pp. 7–9). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-65699-7_2

Yuniati, S. (2018). Media Pengajaran. Cetakan ke-12. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Arruan, P. F. ., Muhammadiah, M., & Asdar, A. (2025). Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Ekososial Siswa Di UPT SDN 1 Bittuang Kabupaten Tana Toraja. Bosowa Journal of Education, 5(2), 223–228. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5326

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>