Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Eja Peserta Didik SD Negeri 1 Bungi

Authors

  • Resky Rahmawati Dinas Pendidikan Kota Baubau
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5412

Keywords:

Pola Asuh Demokratis, Metode Eja, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode eja pada peserta didik SD Negeri 1 Bungi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 peserta didik, dengan sampel yang diambil sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Pola Asuh Demokratis, yang mengukur persepsi peserta didik terhadap pola asuh yang diterapkan oleh orang tua mereka. Selain itu, kemampuan membaca permulaan diukur menggunakan metode eja, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar membaca pada siswa. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t (Paired Sample Test) untuk melihat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan, dengan taraf signifikan p<0,05. Berdasarkan hasil uji analisis t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 9,155 yang lebih besar dari t-Tabel 1,669, dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh signifikan pola asuh demokratis terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh demokratis dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode eja pada siswa SD Negeri 1 Bungi.

This study aims to determine how the influence of Democratic Parenting on the ability to read beginning using the spelling method in students of SD Negeri 1 Bungi. The method used in this research is pre-experimental method with one group pre-test-post-test design. The population in this study amounted to 178 students, with a sample taken as many as 54 students. The data collection technique was carried out using the Democratic Parenting Scale, which measures learners' perceptions of the parenting style applied by their parents. In addition, beginning reading skills were measured using the spelling method, which aims to develop basic reading skills in students. To analyze the data, this study used hypothesis testing with the t test (Paired Sample Test) to see significant differences before and after treatment, with a significant level of p<0.05. Based on the results of the t-test analysis, a t-count value of 9.155 was obtained which is greater than the t-table of 1.669, with a significance value (2-tailed) of 0.000 which is smaller than 0.05. This indicates that H0 is rejected and H0 is eliminated. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is a significant effect of democratic parenting on students' early reading skills. This study concludes that democratic parenting can improve beginning reading skills by using the spelling method in students of SD Negeri 1 Bungi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri dan Karakter Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26-38.

Amalia, T. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Asiah, Nur. 2020. Skripsi: Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Strategi Skimming VS Scanning Pada Siswa Kelas V MIS ATTHAWAF Medan Marelan. Medan: UIN Sumatera.

Asti Madasari, Kurnia dan Mulyani, Mimi. (2016) Keefektifan Metode Eja dan Metode SAS Berdasarkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.

Budang, P., dkk. (2017). Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 349-356

Degeng, Nyoman, S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Hamid, S., & Rosnani, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 9-13.

Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15 26.

Hisby, M., & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa SD Negeri 2 Caracas. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 26-35.

Kholifah, N., Supriyadi, & Suwarjo. (2019). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1),

Lathifah, Z. K., & Yusniar E. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 06 Bogor. UNES Journal of Education Scienties, 1(1), 107-115.

Maolani, R. A., & Cahyana U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Marisa, I. M., & Nurdin. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Konseling dan Bimbingan, 6(1), 25-32.

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Univeristas Batanghari, 17(1), 69-81.

Maswin, I., & Nurdin. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pola Asuh Orang Tua

Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 24-30.

Maulana, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar di MTs Sunan Pandaran Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Prihastanti, T. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217-223..

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rahmawati, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2025). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Eja Peserta Didik SD Negeri 1 Bungi. Bosowa Journal of Education, 5(2), 239–245. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5412

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>