Analisis Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kinerja Guru SD Di Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.654Keywords:
Kinerja, Motivasi, Supervisi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kinerja guru bisa mempengaruhi sekolah dan motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif kualitatif, maksudnya adalah dalam penelitian deskriftif kualitatif, dimana data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut mungkin berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainya. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dari 6 Sekolah Dasar di Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, Wawancara dan pembagian angket. Dan dalam penelitian tentang motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru dari 6 sekolah dilaksakan 5 asas yaitu (1) Kepribadian dan Sosial (2) kepemimpinanan pembelajaran (3) pengembangan sekolah/madrasah, (4) manajemen sumber daya (5) supervise pembelajaran. Dari kelima asas tersebut terdapat kepala sekolah memiliki kategori tinggi dan ada kepala sekolah memiliki kategori Sedang.
This study aims to determine whether teacher performance can affect schools and motivation given by principals can improve teacher performance. This type of research is in the form of qualitative descriptive research, meaning that the data collected is not in the form of numbers but the data were collected from interview scripts, personal document field notes, memo notes, and other official documents. The subjects in this study were principals and teachers from 6 elementary schools (SD) in Curio District, Enrekang Regency. The data in this study were collected using the method of observation, interviews and questionnaires. And in research on principal motivation towards teacher performance from 6 schools, 5 principles were implemented, namely (1) Personality and Social (2) learning leadership (3) school / madrasah development, (4) resource management (5) learning supervision. Of the five principles, there are school principals in the high category and there are school principals in the Medium category.
Downloads
References
Bacal, Robert. 2004. The Managers Guide to Performance Reviews. New York: McGraww Hill
Dipalaya, T. (2020). Field Experience Practices Based Lesson Study (Ls) To Improve Students Communication Skills And Collaboration. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 48–62.
Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jurnal Idaarah, 2(1), 24 – 36.
Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 44-52.
Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Purba, Sukarman. (2009). Peningkatan Kompetensi Melalui Pementoran dalam Mewujudkan Profesionalisme Kepala Sekolah. Jurnal unimed.ac.id. Genarasi Kampus.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan UPI.
Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, Danpelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 34(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4177/pdf.
Wahjosumidjo (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.