Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik SD Inpres Bakung II Kota Makassar

Authors

  • Kurniati Kurniati Dinas Kota Pendidikan Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhammad Nur Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.467

Keywords:

Course Review Hooray, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Makassar

Abstract

Proses pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan akademik secara kuantitatif dan memiliki motivasi untuk belajar tinggi. Kedua hal ini sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Course Review Horay merupakan salah satu metode yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi belajar pada anak karena dapat meningkatkan pemahaman anak dan menghasilkan suasana belajar yang menyenangkan. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan NonEquivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 78 peserta didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik kelas V-A dan 38 peserta didik kelas V-B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, (2) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar peserta didik. Dan (4) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik.

Education aims to improve academic abilities and learning motivation of students. Both of these are highly influenced by the method used by teachers in learning process. Course-Review-Horay is one method that is believed to improve academic ability and learning motivation of children because it can increase children's understanding and generate a fun learning environment. This type of research is Quasi Experimental Design with NonEquivalent Control Group Design. This research was conducted at SD Inpres Bakung II Makassar City. The population of this study were all grade V students, counting for 78 students. The sample of this study consisted of 40 students in class V-A and 38 students in calss V-B. The decision of the experimental group and the control group was done by using purposive sampling. Hypothesis test used was Wilcoxon test. The results show that; (1) Course-Review-Horay learning model can increase student motivation in learning, (2) Course-Review-Horay learning model can improve student learning outcomes, (3) There is an influence of the implementation of Course-Review-Horay learning model to students' learning motivation, and (4) There is an influence of the implementation of Course-Review-Horay learning model to students’ learning achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Kurniati, K., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.467

Most read articles by the same author(s)