KEEFEKTIVITASAN SISTEM PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DI KABUPATEN BONE

Authors

  • Muhazzab Muhazzab program pascasarjana unibos
  • Syamsuddin Maldun Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Umar Congge Program Studi Administrasi Negara STISIP Sinjai

Keywords:

Efektivitas, Sumber Daya Air, Bone

Abstract

Tujuan penelitian berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem jaringan irigasi di Kabupaten Bone, dan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan fungsi irigasi di Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat survey. Pengabsahan data adalah untuk menjamin bahwa antara yang diamati dan diteliti telah sesuai dan benar-benar ada serta peristiwa tersebut memang benar-benar terjadi dan dapat dipercaya Proses analisis data dalam penelitian ini, pada hakekatnya dilakukan untuk menemukan sebuah pola, dengan cara mempelajari dan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yang diperoleh dari pengamatan langsung, wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang mengelola jaringan irigasi adalah pegawai dan masyarakat yang memiliki kompetensi dan keahlian dibidang pengelolaan jaringan irigasi.  Pelayanan. pelayanan yang diberikan dalam pengelolaan jaringan irigasi memuaskan masyarakat khususnya petani. Birokrasi. Keberadaan birokrasi dapat mendukung kelancaraan pengelolaan jaringan irigasi khususnya di Kabupaten Bone. Efektivitas Fungsi Irigasi. efektifitas fungsi irigasi di Kabupaten Bone berjalan efektif. Hal ini dibuktikan, jika saluran irigasi mengalami kerusakan atau gangguan maka masyarakat akan kewalahan dalam hal pengairan di petak sawah mereka.

The purpose of the research based on the background and formulation of the problem is to find out and analyze the irrigation network system in Bone Regency, and to find out and analyze the effectiveness of the irrigation function in Bone Regency. This type of research is a qualitative survey research. Validation of data is to guarantee that between what is observed and researched is appropriate and actually exists and the event is indeed happening and can be trusted The process of data analysis in this study, is essentially carried out to find a pattern, by studying and analyzing all available data from various sources obtained from direct observation, interviews. The results showed that the human resources (HR) who manage the irrigation network are employees and the public who have competence and expertise in the field of irrigation network management. Service. the services provided in the management of irrigation networks satisfy the community, especially farmers. Bureaucracy. The existence of bureaucracy can support the smooth management of irrigation networks, especially in Bone Regency. Effectiveness of Irrigation Functions. the effectiveness of the irrigation function in Bone Regency is effective. This is proven, if the irrigation canal is damaged or disturbed then the community will be overwhelmed in terms of irrigation in their rice fields.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-05

How to Cite

Muhazzab, M., Maldun, S., & Congge, U. (2020). KEEFEKTIVITASAN SISTEM PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DI KABUPATEN BONE. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(1), 32–38. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/209

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2