EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL (BOS) SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI KABUPATEN SINJAI (STUDI PADA SMP NEGERI 3 SINJAI)

Authors

  • Wahab M Prodi Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Umar Congge Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sinjai
  • Juharni Juharni Prodi Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

Keywords:

Efektifitas Pelaksanaan, Bantuan Operasinal Sekolah

Abstract

Program BOS di SMP Negeri 3 Sinjai, secara konsep diberikan untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya masyarakat miskin atau tidak mampu agar mereka dapat memperoleh layanan  pendidikan Wajib  Belajar  yang  memadai dan  bermutu,  akan  tetapi kenyataan dilapangan belum dapat berjalan seperti yang diharapkan. Walaupun sesungguhnya pihak Sekolah berupaya penuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengurangi biaya pendidikan seminimalnmungkin.  Namun  terkendala  disebabkan  banyaknya  meka-nisme  penggunaan  dan larangan penggunaan dana BOS membuat pihak sekolah sulit membelanjakan dana BOS untuk peningkatan mutu pendidikan di Sekolah tersebut, termasuk ketentuan ketentuan pembelian buku yang telah ditentukan di dalam juknis BOS. Belum lagi keterlambatan pencairan BOS yang terkesan disengaja oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menegah Pertama di Kabupaten Sinjai (Studi pada SMP Negeri 3 Sinjai), jadi penelitian ini ingin melihat sejauh mana efektifitas pelaksanaan dari program Dana Bantuan Opresional Sekolah (BOS) tersebut. Dari hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Efektifitas Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menegah Pertama di Kabupaten Sinjai (Studi pada SMP Negeri 3 Sinjai) yaitu belum sepenuhnya terlaksananya dengan baik atau belum optimal. hal ini disebabkan dari Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah sering  mengalami keterlambatan pencairan dana sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Petunjuk teknis Dana Bos.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-06

How to Cite

M, W., Congge, U., & Juharni, J. (2019). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL (BOS) SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI KABUPATEN SINJAI (STUDI PADA SMP NEGERI 3 SINJAI). Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 1(1), 38–42. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/59

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>