STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI BERBASIS PERSEPSI WISATAWAN DAN MASYARAKAT LOKAL
Keywords:
Strategi pengembangan kawasan, persepsi wisatawan, masyarakat lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan obyek wisata kawasan Pulau Sembilan dan faktor - faktor internal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata kawasan pulau sembilan serta faktor-faktor eksternal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata kawasan Pulau Sembilan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan tanggapan responden terhadap obyek wisata berdasarkan kuesioner yang diberikan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kantor Bappeda, Tata Ruang untuk memperoleh data mengenai kebijaksanaan yang ada dalam lokasi penelitian, dan kantor dinas Pariwisata untuk memperoleh data kunjungan wisatawan,fasilitas,dan kebijakan Pariwisata di lokasi Penelitian, kantor statistik, kantor pemerintahan kecamatan untuk memperoleh data geografis dan demografis, survei lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Kawasan wisata Pulau sembilan sebagai obyek wisata baru adalah dengan pengembangan Wisata Bahari khususnya wisata Diving dan snorklling dengan strategi yang digunakan adalah meliputi penyediaan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, dukung-an regulasi, penye-diaan sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia pariwisata, penyusunan pro-gram sesuai ketersediaan dana, pengoptimalisasian promosi, membuat website khusus, membangaun jaringan dengan wisata lain, bekerja sama dengan agen perjalalan, kemitraan dengan swasta,