Introduksi Nilai-Nilai Lokal Pada Pemasaran Minyak Kelapa Khas Mandar

Authors

  • Musmawati Musmawati Program Studi Agribisnis, Program Pascararjana, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Irmawati Irmawati Program Studi Agribisnis, Program Pascararjana, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Abdul Azis Ambar Program Studi Agribisnis, Program Pascararjana, Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v21i2.1072

Keywords:

Nilai Nilai Lokal, Pemasaran Minyak Mandar, Pemaknaan Tindakan

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam  mendapatkan data menggunakan beberapa metode seperti metode wawancara, dokumentasi, observasi dan dokumentasi dimana data yang didapatkan dikelolah dengan cara mereduksi data kemudian menyajikan data dan melakukan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Introduksi nilai-nilai lokal pemasaran minyak kelapa mandar terdapat pada acara adat pernikahan mandar yaitu Maccanring dan Metindor.Keluarga mempelai laki-laki biasanya membawa pakaian shalat, lemari, peralatan dapur, peralatan mandi, kelapa, buah-buahan serta minyak kelapa mandar.Menggunakan promosi dalam pemasaran minyak kelapa mandar dengan landasan meningkatkan nilai-nilai lokal.Introduksi nilai-nilai lokal masih sangat dibutuhkan pengelolah minyak kelapa mandar pada kondisi saat ini.Perkembangan teknologi dan komunikasi berpengaruh terhadap strategi perencanaan pemasaran. Dan Pelaksanaan strategi pemasaran berdasarkan prinsi-prinsip nilai lokal yang diterapakan dalam berbisnis   boleh saja mencari keuntungan sebanyak-banyaknya asal jangan sampai merugikan konsumen ataupun pedagang lain. Cara berdagang sesuai denganJujur dalam menakar dan menimbang, halal, baik mutu atau kualitas minyak kelapa mandar.

The type of research  is  gualitative research where obtaining data using sereval methods ,observation,where the data obtained. Based on the results of the study,shows that the introduction of the local value of mandar Coconut oil,marketing can be found at the mandar wedding ceremony namely’Maccanring and  metindor “.The groom’s family usually brings prayer clothes ,cupboards,kitchen utensil,toiletries,Coconut,fruits and mandar Coconut Oil.Using promotion in the marketing of mandar Coconut oil in the basic of increasing the introduced local values.Local values are  still very much needed by mandars coconut oil processor at current conditions.The development of technology and communication affects the marketing planning strategy  and the implementation of marketing strategis based on principles of local values that are applied is doing bussines,it is possible to seek as much profil as possible as long as it does not harm consumers or other traders. How to trade in accordance with Islamic principles,namely honestly and measuring and weighing,halal both qualityor quality of mandar coconut oil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus Sri Wahyuni, 1996, Manajemen Strategik, Binarupa Aksara, Jakarta.

Anonim, kabupaten Polewali Mandar, http://id.wikipedia.org

Anonim, Kelapa Sawit Idola yang Tertuduh, http//www. Kpbptn. co. id

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran “suatu pendekatan strategis dengan orientasi global”, Jakarta : Erlangga

Fandy Tjiptono, 2008, Pemasaran Jasa,Bayumedia, Malang.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, 2003.Metodologi Penelitian Sosial Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara,

Irmayanu,Spiritualitas,Rasionalitas dan keberlanjutan pertanian (studi Fenomenologi Komoditas petani di Desa Bone-Bone ,Kabupaten Enrekang) 2016

Ing. Sukamdiyo, 1996, Manajemen Koperasi, Erlangga, Jakarta.

J. Winardi, 2003, Entrepreneur & Entrepreneurship, Kencana, Bogor.

Jhon W. Creswell, Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, trans. oleh Achmad Fawaid, Cet. VI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017

Jurnal AGRIFOR Volume XII Nomor 1, Maret 2013

Koentjaraningrat, 1974, Pengantar Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Kompas, Mengenal Jenis Minyak Kelapa, http//www.Kompas.com. diakses pada tanggal 20 November 2019

Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice.

Moertjipto, dkk. 1997. Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Penorang yang dianggap memiliki kemampuan khususnya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIY

Muhaimin, 2001. Islam dalam Bingkai Buduaya Lokal;Potret dari Cirebon, Jakarta : Logos.

Pandji Anoraga, 1997, Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.

Perspektif Vol. 6 No. 2 / Desember 2007.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan, Macanan Jaya Cemerlang, Indonesia.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid 1, Jakarta,Erlangga.

Tasmuji, Dkk,2011.Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Turukay, Marta. 2008. Analsisi Permintaan Ekspor Kopra Indonesia di Pasar dunia. Jurnal Agroforestri, 3(2).

Wijaya, Hengki. Prasetyo., Soetoro, dan Tito Hardianto. 2016. Analisis Saluran Pemasaran Kopra (Studi Kasus di Desa Sindangsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran).

Wulandari, Siti. Abir. 2018. Kontribusi Pendapatan Usaha Kopra terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Tanjung Jabang Timur. Jurnal Media Agri Bisnis,3.

Downloads

Published

2021-08-24