PERSEPSI GENERASI MUDA (PEMUDA) TERHADAP KEGIATAN PERTANIAN PADA USAHA TANI PADI SAWAH DI KELURAHAN LALEBATA KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Authors

  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Irmayani Irmayani Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • A. Erna Sriwahyuingsih Prodi Pertanian Agribisnis Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.691

Keywords:

Persepsi, Generasi Muda, Pertanian, Usaha Tani Padi Sawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi generasi muda (pemuda) terhadap kegiatan pertanian pada usaha tani padi sawah di Kelurahan Lalebata Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap penelitian ini dilaksanakan pada bulan september sampai november. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan kuisioner dan sumber data digunakan yaitu data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari generasi muda (pemuda) pada indikator  pendapatan di peroleh nilai 356 berada pada (kategori sedang) dikarenakan pendapatan yang mereka peroleh pada usaha tani padi sawah terkadang tidak stabil, pada indikator  peranan di peroleh nilai 507 berada pada (kategori tinggi) dikarenakan peranan usahatani padi sawah di Kelurahan Lalebata sebagai sumber dari pemasukan dan pembangunan dan indikator kepuasan kerja di peroleh nilai 244 berada pada (kategori rendah) persepsi mereka terhadap kepuasan kerja tergolong setuju jika usaha tani padi sawah itu sangat berat dan melelahkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina D. 2011. Persepsi dan Motivasi Berperan Serta dalam Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) (Kasus: Peserta Posdaya Mandiri Terpadu di RW 01, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor) [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Ahmadi A, Sholeh M. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta (ID): PT Rineka Cipta.

Astuti M, Siswati, Setyawan I. 2007. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pembelajaran Kontekstual Dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Semarang. [Internet]. [10:15]. [diunduh 2011 Februari 14] Tersedia pada: http://eprints.undip .ac.id/24784/1/JURNAL_MUJI_A__M2A605053_.pdf.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2013. Berita Resmi Statistik. Hasil Sensus Pertanian 2013 (Angka Sementara). Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik Indonesia.

Calhoun JF, Acocella JR. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang (ID): IKIP Semarang Press.

Chandra D. 2004. Persepsi Pemuda Desa Terhadap Pekerjaan Di Sektor Pertanian dan Minat Bekerja Di Kota [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Daniel. A. 2004.ProduktivitasKerja.http://danielspot.blogspot.com/2004/06/produktivitas-kerja.html

Daulay P. 2006. Sekali Buruh Tetap Buruh: Studi Pembentukan Generasi Buruh di Perkebunan Tembakau Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. [disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Faridah K. 2007. Dari Ekonomi Pertanian Ke Ekonomi Industri (Sejarah Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kubangwungu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun 1969-2000). [skripsi].[Internet].[10:15]. [diunduh 2011 Januari 3]. Tersedia pada: http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASHe11f. dir/doc.pdf

Ilham N, Suradisastra K, Pranadji T, Agustian A, Hardono GS, Hastuti EL. 2007. Analisis Profil Petani dan Pertanian Indonesia. Makalah Seminar Hasil Penelitian. [Internet]. [13:17]. [diunduh 2010 Desember 30].Tersedia pada: http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/SHP_ NYK_2007.pdf

Pratomo S. 2010. Analisis Peran Sektor Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Kabupaten Boyolali Tahun 1998 - 2008.

Putra. W. 2012. Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus. http://analisis – statistik. Blogspot.co./2012/09/menentukan–jumlah–sampel–dengan– rumus .html.

Reza F. 2007. Sikap Petani Terhadap Pengendalian Hama Terpadu (Kasus di Kelurahan Balumbang jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor).

Sumber Daya dalam Sektor Pertanian [laporan penelitian]. Malang (ID): Universitas Brawijaya.

Yulianto. 1997. Faktor yang mempengaruhi perilaku bekerja pemuda anak tani di pedesaan. [skripsi]. (ID):IPB. Bogor.

Downloads

Published

2021-04-30

Most read articles by the same author(s)