ANALISIS PELAYANAN DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MEDIASI KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Andi Cudai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sukmawati Sukmawati Program Studi Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1868

Keywords:

Pelayanan, Standar Operasional Prosedur, Kinerja Pegawai, Kepatuhan Pembayaran, Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap kinerja pegawai, menganalisis pengaruh pelayanan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan kinerja pegawai terhadap kepatuhan pembayaran pajak. Untuk menganalisis pengaruh pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap kepatuhan pembayaran pajak melalui kinerja pegawai pada Kantor Samsat Kabupaten Pinrang. Oleh karena itu maka teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil temuan empirik bahwa pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dari hasil analisis pengaruh pelayanan, SOP dan kinerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pembayaran pajak kendaran. Dari hasil uji sobel test maka temuan empirik bahwa kinerja pegawai dapat memediasi pengaruh pelayanan dan SOP terhadap kepatuhan pembayaran pajak pada Kantor Samsat Kabupaten Pinrang.

This study aims to analyze the effect of service and Standard Operating Procedure (SOP) on employee performance, analyze the effect of service, Standard Operating Procedure (SOP) and employee performance on tax payment compliance. To analyze the effect of service and Standard Operating Procedures (SOP) on tax payment compliance through employee performance at the Pinrang Regency Samsat Office. Therefore, the data collection techniques were carried out through observation, and questionnaires. While the data analysis technique used is path analysis. The empirical findings show that service and Standard Operating Procedures (SOP) have a positive and significant effect on employee performance. From the results of the analysis of the effect of service, SOP and employee performance have a positive and significant effect on vehicle tax payment compliance. From the results of the Sobel test, the empirical finding is that employee performance can mediate the effect of services and SOPs on tax payment compliance at the Pinrang Regency Samsat Office.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani, J. N., Askandar, N. S., & Mahsun, A. W. 2022. Pengaruh Sistem Perpajakan, Pelayanan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Nganjuk. E-JRA, 9, 36-45.

Aprianis. 2021. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 7(1), 47-56.

Arina, P. 2016. Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP. Depok: Huta Publisher.

Awaloedin, D. T., Indriyanto, E., & Meldiyani, L. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 217-233.

Budiyanto, E., & Mochklas, M. 2020. Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan,Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja (Pendekatan Riset). Banten: CV. AA. Rizky.

Fadhilatunisa, D. 2018. Pengaruh Kinerja Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Kasus pada Wajib Pajak Badan yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cidadas). Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, Vol.3, No. 02.

Mardayani. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayan dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor SAMSAT Kabupaten Bulukumba. Makassar Jurnal Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah

Maudy, I., Saroh, S., & Zunaida, D. 2021. Pengaruh SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Bagian Produksi PT Berlina Tbk Pandaan). JIAGABI, 10(2), 324-333.

Maulana, G. 2019. Analisis Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Kebun Kayu Aro Kerinci Jambi. Medan: Universitas Medan Area.

Mubarok, & Suparman, N. 2019. Pelayanan Publik Kontemporer. Bandung: Administrasi Publik Ilmu Sosial dan Politik UIN Sunan Gunung Djati.

Novrianti, D.P. dan Jumaren. 2019. Pengaruh Standar Operasional Prosedur dan Fasilitas Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, Vol.14 No.1 Januari (2019). ISSN : 1907-6506, (Prin) ISSN : 2516-6570 (Online)

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Bisnis.

Rosdinawati, Musseng, H. A., & Thalib, J. 2018. Analisis Pelayanan Publik yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Samsat Wilayah I Makassar. Jurnal Ilmiah Bisnis & Kewirausahaan (JBK), 7(1), 11-25.

Siregar, M. P. 2022. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Penerima Pendapatan Di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Aek Kanopan. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(1), 1-13.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, cetakan kedua. Bandung: Alfabeta.

Syah, A. L., & Krisdiyawati. 2017. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor UPPD / Samsat Brebes). Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 2(1), 65-77.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Cudai, A., Remmang, H., & Sukmawati, S. (2022). ANALISIS PELAYANAN DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MEDIASI KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN PINRANG. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 95–103. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1868

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4