PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR

Authors

  • Andi Sanjaya Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1922

Keywords:

Baruan Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganallisis pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar, untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan pada terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar, dan untuk menganalisis pengaruh Bauran pemasaran dan Kualitas Pelayanan pada terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. Jumlah populasi sebanyak 35 orang karyawan dan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan menggunakan seluruh populasi tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial Bauran Pemasaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Maksssar dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Maksssar. Secara simultan diperoleh bahwa Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar.

The purpose of this study is (1) to determine and analyze the influence of the marketing mix on purchasing decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Makassar, (2) to determine and analyze the effect of service quality on purchasing decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Makassar, (3) to find out and analyze the influence of the marketing mix and service quality on purchasing decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. The total population is 35 employees and the sample uses the saturated sample method using the entire population. The research method uses a quantitative descriptive approach and hypothesis testing using multiple linear regression methods. The results of the study showed that partially the Marketing Mix had a positive and insignificant effect on Purchase Decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Maksssar and Service Quality had a positive and significant effect on Purchase Decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Maksssar. Simultaneously, it was obtained that the Marketing Mix and Service Quality had a positive and significant effect on purchasing decisions at PT. Bosowa Berlian Motor Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiwilapa, Pradikta Gabriel Yosafat. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Walk Di Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Andrianto, Hendra Noky. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Skripsi: 1–74.

Anna Fitria, and Imam Hidayat. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(4): 1–17.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Calvin L. Wangarry, Altje . Tumbel, Merlyn M. Karuntu. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(1): 431–40.

Chamzah. 2009. Pembelian Produk Pakaian Di Ramayana Ciputat, Chamzah Jurusan Manajemen.

Diputra, Gde Indra Surya, and Gede Agus Dian Maha Yoga. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomarco Pratama Denpasar Bali. Widya Manajemen 2(2): 69–80.

Fikri Sirhan, Wiyani Wahyu, Suwandaru Agung. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen 3(1): 120–34.

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, and Sjendry Loindong. 2017. Effect of Product Quality, Price and Promotion To Decision Purchase Nissan X-Trail Car in Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5(2): 2221–29.

Ii, B A B, Tinjauan Pustaka, and D A N Hipotesis. 2016. American Marketing Association (2007). (2000).

Nurhadi, Ahmad, and Mahnun Mas’adi. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Dept Store Cabang Cilandak Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI 1(1): 116.

Nurmi. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Telor Ayam Pada PT. Cahaya Anugrah Sentosa Di Kota Makassar. Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi UNM (Marketing Mix).

Puji Lestari, Fibria Anggraini. 2018. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio e-kons 10(2): 179.

Sukamadinata. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wangarry, Calvin L et al. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt . Hasjrat Abadi Ranotana The Influence Of Marketing Mixture On Purchase Decision Of Honda Motorcycle At Pt . Hasjrat Abadi Ranotana. 6(4).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sanjaya, A., Suriani, S., & Said, M. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 217–222. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1922

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>