PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI SELATAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Akhmad Syafruddin Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan
  • Muhammad Yusuf Saleh Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2650

Keywords:

Pegawai, Keadilan Organisasional, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Ada empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini, Keadilan Organisasi (X1), Kompetensi (X2), Kepuasan Kerja (Y1), dan Kinerja Karyawan (Y2). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran data kuesioner secara online (e- questionnaire) kepada pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel yang digunakan adalah 98 responden. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan analisis deskriptif. Keadilan organisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Keadilan organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Kepuasan tidak memediasi pengaruh keadilan organisasi terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan. Kepuasan kerja memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan.

This study uses a quantitative approach to research. There are four variables used in this study, Organizational Justice (X1), Competence (X2), Job Satisfaction (Y1), and Employee Performance (Y2). Data collection was obtained through the distribution of online questionnaire data (e-questionnaire) to the South Sulawesi Province Transportation Service Regency employees. The sample used is 98 respondents. The sampling technique is a saturated sample. Analysis of the data used is path analysis and descriptive analysis. Organizational justice has no significant effect on the performance of the South Sulawesi Province Transportation Service. The results of the competency research have a significant effect on the performance of the South Sulawesi Province Transportation Service District. Job satisfaction has a significant effect on the performance of the South Sulawesi Province Transportation Service Regency. Organizational justice has no significant effect on the job satisfaction of the South Sulawesi Province Transportation Service employees. Competence significantly affects job satisfaction of the South Sulawesi Province Transportation Service. Satisfaction does not mediate the effect of organizational justice on the performance of the South Sulawesi Province Transportation Service District. Job satisfaction mediates the effect of competence on the performance of the South Sulawesi Province Transportation Service.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, W. (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.

Bernardin, H. & J. Russell. (2000). Human Resource Management. A Experimental Approach. 2 Edition. nd Singapore: McGraw-Hill.

Diah, S. (2017). Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor PT. Kitadin Tenggarong Seberang. Vol. 5 No. 2. E-Journal Administrasi Negara.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Iqbal, M.Z., Rehan M., Fatima A., & Nawab S. (2017). The Impact of Organizational Justice on Employee Performance in Public Sector Organization of Pakistan. Int J Econ Manag Sci 2017, 6:3.

Juwarsih. (2016). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Terhadap KepuasanKerja Dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan PelayananPerizinan TerpaduKotamalang). Vol. 1, No.1.

Katavich, K. M. (2013). The Important of Employee Satisfaction with Performance Appraisal System. Albany. Retrieved from https: //mro.massey.ac.nz/ bitstream/handle/10179/ 4708/ 02_whole.pdf? sequence=1&isAllowed=y

Kreitner, Robert, & Angelo Kinicki. (2001). Organizational Behavior. Fifth Edition. Irwin McGraw-Hill.

Mangkunegara, A. (2012). Evaluasi Kinerja Karyawan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mangkunegara, A.A.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, R.L. & J.H., Jackson. (2016). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Miranda, C., Sirajuddin, & Gunawan, A. (2020). Pengaruh Kompetensi, Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Tujuan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Industri Pembangkit Listrik. Jurnal Teknik Industri.

Prameswari, S & Suwandana. (2017). “Pengaruh Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional, dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior”. Jurnal Manajemen UNUD.Volume 6 Nomor (3):1368-1397.

Priansa, D., J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber DayaManusia.Bandung: Alfabeta.

Renyut, B.C., Modding H.B., Bima, J., & Sukmawati, S.T. (2017). The effect of organizational commitment, competence on Job satisfaction and employees performance in MalukuGovernor's Office. e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668.

Rivai, Veithzal dan Sagala, E. J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Robbins, S.P., & Judge T.A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sinambela, L. (2012). Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wexley, Kenneth. and Gary Yukl. 2003. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Syafruddin, A., Saleh, M. Y., & Remmang, H. (2023). PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI SELATAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 354–359. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2650

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>