DAYA TARIK PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK DIMEDIASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI MINUMAN THAI TEA DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v4i1.1079Keywords:
Daya Tarik Promosi, Harga, Kualitas Produk, Preferensi Konsumen, Bunga BeliAbstract
Penelitian dirancang untuk menganalisis, menginterpretasi dan mengetahui : 1) Pengaruh daya tarik promosi pada preferensi konsumen; 2) Pengaruh harga pada preferensi konsumen; 3) Pengaruh kualitas produk pada preferensi konsumen; 4) Pengaruh daya tarik promosi secara langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 5) Pengaruh harga secara langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 6) Pengaruh kualitas produk secara langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 7) Pengaruh preferensi konsumen pada minat beli konsumen. Populasi penelitian tidak diketahui jumlahnya sehingga peneliti menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh 96 sampel. Penelitian dianalisis dengan bantuan software SPSS & SmartPLS3. Kesimpulannya : 1) Daya tarik promosi berpengaruh pada preferensi konsumen; 2) Harga berpengaruh pada preferensi konsumen; 3) Kualitas produk berpengaruh pada preferensi konsumen; 4) Daya tarik promosi berpengaruh langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 5) Harga berpengaruh langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 6) Kualitas produk berpengaruh langsung pada minat beli konsumen maupun melalui mediasi preferensi konsumen; 7) Kualitas produk berpengaruh pada preferensi konsumen.
The study was designed to analyze, interpret and determine: 1) the effect of promotional attractiveness on consumer preferences; 2) The effect of price on consumer preferences; 3) The effect of product quality on consumer preferences; 4) The influence of promotional attractiveness directly on consumer buying interest or through mediation of consumer preferences; 5) The direct influence of price on consumer buying interest or through mediation of consumer preferences; 6) The influence of product quality directly on consumer buying interest or through mediation of consumer preferences; 7) The level of consumer preference on consumer buying interest. The number of the research population is unknown, so the researchers used the Lemeshow formula to obtain 96 samples. Research analysis with the help of SPSS & SmartPLS3 software. In conclusion: 1) Promotional attractiveness affects consumer preferences; 2) Price has an effect on consumer preferences; 3) Product quality has an effect on consumer preferences; 4) Promotional attractiveness has a direct effect on consumer buying interest as well as through mediation of consumer preferences; 5) Price has a direct effect on consumer buying interest as well as through mediation of consumer preferences; 6) Product quality has a direct effect on consumer buying interest as well as through mediation of consumer preferences; 7) Product quality has an effect on consumer preferences.
Downloads
References
Atika Aini Nasution. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan). Jurnal Ilmiah Simantek ISSN. 2550-0414 Vol. 4 No. 3 Agustus 2020 Universitas Battuta.
Ade Nurhayati. 2014. Pengaruh Harga, Kualitas, Kondisi Pasar Dan Lokasi Pasar Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Edisi 4 Nomor 1 Januari 2014 ISSN : 2252 – 4495
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Pers.
Akdon & Riduwan. 2010. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statiska. Cet 2. Alfabeta
Basril, Afrian. 2008. Analisis Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Merek.
Carolina Sofia Gonçalves Martins. 2018. The Role Of Sales Promotions On Consumer Purchase Intention: The Mediation Effect Of Perceived Risk. Dissertation The International Msc In Management With Major In Marketing At The Universidade Católica Portuguesa.
Chang, Kai Dan Le Zhang. 2015. The Effects Of Corporate Ownership Structure On Environmental Performance-Empirical Evidence From Unbalanced Penal Data In Heavy-Pollution Industries In China. WSEAS Transactions On Systems And Control Vol 10, ISSN 2224-2856.
Cláudia Rodrigues Maia, Guilherme Lerch Lunardi, Décio Dolci, Lívia Castro D’Avila. 2020. Competitive Price And Trust As Determinants Of Purchase Intention In Social Commerce. BAR - Brazilian Administration Review, BAR, Braz. Adm.Rev. Vol.16 No.4 Maringá 2019 Epub Mar 27, 2020.
Indarto, S. L., Ayu, S. D. 2011. Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Perusahaan Melalui Kecukupan Anggaran, Komitmen Organisasi, Komitmen Tujuan Anggaran, Dan Job Relevant Information (JRI). Seri Kajian Ilmiah, Volume 14, Nomor 1, Fakultas Ekonomi, Unika Soegijapranata Semarang.
Ghozali, Imam. 2015. Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Edisi 2. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irene Toroitich, Dr Yusuf Kibet And Dr Jared Bogonko, 2016. Effect Of Promotional Strategy On Brand Preference Of Branded Products Of Kenya Co-Operative Creameries Limited. . IOSR Journal Of Business And Management (IOSR-JBM).
Joseph A. Devito. 2012. Human Communication The Basic Course, Twelfth edition. USA: Pearson EducationKotler.
Philip & Amstrong. 2008. Principles Of Marketing. Thirteen Edition. New Jersey. Prentice-Hall, Inc.
Philip & Amstrong, 2012. Principles Of Marketing. New Jersey. Prentice Hall.
Philip & Amstrong 2016. Prinsiples Of Marketing. Sixteenth Edition, Pearson.
Lamb, Charlesw, Hair, Joseph F, Mc. Daniel, Carl. 2001. Pemasaran Edisi 1, Buku 1, Salemba Empat. Jakarta
Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung. Alfabeta
Pearson David. 2008. Marketing Organic Products: Exploring Some Of The Pervasive Issues. Journal Of Food Products Marketing Volume 14, 2008 - Issue 4
Putri, Sahda Nareswari. Farida Yulianti & Zakky Zamrudi.2020. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Akun Instagram Argadia Melati Toko Kerajinan Sulam Airguci Di Banjarmasin. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kalimantan
Rizal Nur Irawan, Jaya Mohamad. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri ISSN (Online) 2581-2157 Volume 05 Nomor 2 Tahun 2020 ISSN (Print) 2502-9304.
Saragih, Eko Andoharman. 2020. Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Susu Kambing Etawa Pada Peternakan Bapak Budi Utomo Desa Batangkuis Seirotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Digital Repository Universitas Negeri Medan.
Selly Nurlaili Novani Dewi, 2016. Pengaruh Anggaran Dan Harga Terhadap Preferensi Konsumen Kantin Koperasi Mahasiswa (Kopma) Di Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.
Sangeetha K. Prathap And Sreelaksmi C.C. 2020. Determinants Of Purchase Intention Of Traditional Handloom Apparels With Geographical Indication Among Indian Consumers. Journal Of Humanities And Applied Social Sciences. Published By Emerald Publishing Limited.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. Alfabeta.
Sukirno, Sadono. 2016.. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Suhailah Alkatiri, Altje L. Tumbel Ferdy Roring. 2017. Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1781–1792, ISSN 2303-1174. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.
Schiffman, Leon Dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ke Tujuh. PT. Indeks. Jakarta.
Tjiptono, F. 2010. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Andi
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta. Andi Offset.
West, W., Dan Harger. 2007. Advertising & Promotion: An IMC Perspective.
Wenats, Eka, Kurniawati Yusuf, Leonita Syarif, Putut Widjanarko, Rini Sudarmanti, Surya, Tri Wahyuti, Wahyutama, Ratno Suprapto, 2012. Integrated Marketing Communication, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ying-Fang Huang, Hoang Sa Dang. 2014. An Empirical Analysis On Purchase Intention On Coffee Beverage In Taiwan European. Journal Of Business And Management Www.Iiste.Org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol.6, No.36, 2014 182
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bergita Satti Manglo, Muhammad Yusuf Saleh, Seri Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.