ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DI ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19

STUDI KASUS: KALLA TOYOTA TRUST MAKASSAR

Authors

  • Agus Triputra Renden Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sukmawati Mardjuni Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Herminawati Abubakar Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3869

Keywords:

Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kinerja Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh produk, harga, tempat dan promosi dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada perusahaan PT. Kalla Toyota Trust Makassar. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, dengan   teknik   analisis data  menggunakan   analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh temuan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Kalla Toyota Trust Makassar.

This study aimed to examine and analyze the influence of product, price, place and promotion in improving marketing performance at PT. Kalla Toyota Trust Makassar company. To implement the goal, the data collection technique was used through distributing questionnaire with data analysis technique using multiple linear regeression analysis. From the result of the research carried out, it was found that product has a positive and significant effect on marketing performance, price has a negative and significant effect on marketing performance, place hasa positive and significant effect on marketing performance and promotion has a positive and significant effect on marketing performance at PT. Kalla Toyota Trust Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Alimin, E., Eddy, Afriani, D., Agusfianto, N. P., & Octavia, Y. F. (2021). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi.

Alma, B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Apriliani, S. N. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran di Sektor Industri UMKM Konveksi Kerudung Kampung Hijab Desa Margasih Kecamatan Cicalengka. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan.

Arumsari, N. R., & Marka, M. M. (2020). Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing.

Kudus: Universitas Muria Kudus.

Darsono, & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Distribusi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di PT Mulia Makmur Lestari. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 44–53.

Fatonah, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Batik di Surakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 6(1).

Fiandri, & Dwi, B. M. (2016). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Fashion Sektor di Depok Jawa Barat. SEMNAS FEKON, 385–401.

Fitria, S. N., Widayanti, S., & Laily, D. W. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran di Fore Coffe Surabaya. Jurnal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Gunistiyo, & Hanfan, A. (2019). Manajemen Pemasaran Membangun Kinerja Pemasaran

UMKM. Banyumas: Indonesia Research Society (IRS).

Hendrayani, E., Sitinjak, W., & Kusuma, G. P. E. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan

Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Isniati, & Fajriansyah, M. R. (2019). Manajemen Strategik, Intisari Konsep & Teori. Edisi

Pertama. Yogyakarta: Andi.

Karina, M., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi, Orientasi Pasar dan

Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Konveksi Desa Legok

Gempol. Economic, Business, Management, and Accounting Jurnal, 19(1). Khadappi, M., Damayanti, & Kaharuddin. (2022). Strategi Digital Bauran Pemasaran 4P

Terhadap Kinerja UMKM Kota Palopo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2).

Kotler, Philip, & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Phiplip, & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Mulyani, I. T., & M. (2015). Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang ). Journal of Management. 4(3). 1–12.

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran, Pendekatan

Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. Cetakan Kedua (Edisi Revisi). Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Renden, A. T., Mardjuni, S., & Abubakar, H. (2023). ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DI ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS: KALLA TOYOTA TRUST MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 07–14. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3869

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>