PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN TENAGA LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PINRANG

Authors

  • Andi Muh. Armin Yusfin Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Bosowa
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Herminawati Abubakar Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v3i2.646

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Orang, Proses, Bukti Fisik dan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang, serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada perusahaan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil analisis menemukan bahwa produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang. Dari hasil pengujian regresi maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang adalah harga.

This study aims to determine and analyze the effect of product, price, promotion, location, people, process and physical evidence on the increase in electricity sales at PT PLN (Persero) Pinrang Service Implementation Unit, as well as to identify and analyze the marketing mix variables that have the most dominant influence on the increase in sales of electricity at the company PT PLN (Persero) Pinrang Service Implementation Unit. The technique of collecting data is through distributing questionnaires. Meanwhile, the data analysis technique used is descriptive analysis, research instrument test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. The results show that product, price, promotion, location, people, process and physical evidence have a positive and significant effect on the increase in electricity sales at PT. PLN (Persero) Pinrang Service Implementation Unit. From the results of regression test, it can be concluded that the variable that has a dominant effect on the increase in electricity sales at PT. PLN (Persero) Pinrang Service Implementation Unit is the price.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Kesatu. Penerbit : Alfabeta, Bandung

Alma Buchari, 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, edisi revisi, cetakan ketigabelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Andi Faisal Suddin (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Ayam Pedaging di Kota Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan 1(1):1-12, 2013 ISSN. 2355-0732.

Daryanto. 2016. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Penerbit : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung

Dimyati, Mohamad. 2018. Pendekatan Hayati : Strategi Pemasarn Untuk menghadapi Persaingan yang Dinamis. Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Djamaluddin Karim (2014) Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA 421 Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal. 421-430. ISSN 2303-1174

Djaslim Saladin dan Herry Achmad Buchory, 2016, Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab, Linda Karya, Bandung

Fajriani, F., Remmang, H., & Chahyono, C. (2020). Implementasi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Pembelian Rumah (Studi Kasus Pada Pt Kalimasada Di Berau). Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 23–26.

Ghozali Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, edisi kesembilan, cetakan kesembilan, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro Semarang

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit : Alfabeta, Bandung

Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane, 2018. Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas, jilid satu, cetakan ketiga, Penerbit : Indeks, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Limakrisna Nandan dan Togi Parulian Purba, 20189 Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia, edisi ketiga, Penerbit : Mitra Wacana Media, Group, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Mudrajad, Kuncoro. 2013. “Mudah Memahami dan menganalisis Indikator ekonomi”. Penerbit : UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2018. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D, penerbit : Alfabeta, Bandung.

Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi, edisi pertama, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono Fandy dan Chandra Gregoris, 2019. Service, Quality Dan Customer Satisfaction, edisi kelima, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Wibowo Lili Adi dan Priansa Donni Juni, 2017, Manajemen Komunikasi dan Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Yazid. 2015. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Sleman, Yogyakarta: EKONI

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Yusfin, A. M. A., Abduh, T. ., & Abubakar, H. . (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN TENAGA LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PINRANG. Indonesian Journal of Business and Management, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.35965/jbm.v3i2.646

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>