Efektivitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2632Keywords:
Efektivitas, Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, PrestasiAbstract
Pada umumnya, siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga motivasi belajarnya menjadi rendah. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yang konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat memotivasi siswa agar ingin belajar yaitu dengan metode pemberian tugas atau metode resitasi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran Bahasa Indonesia (2) Mengetahui apakah dengan metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental design, pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu Siswa Kelas V Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penilitian ini adalah motivasi belajar siswa sebelum penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk motivasi belajar setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya 86. Melalui uji hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar karena pengaruh tersebut sebesar 86%. Maka diduga ada sebesar 14% faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diduga adalah lingkungan. (2) Efektivitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap motivasi dan prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan kategori sedang. (3) Selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga, peran gurus, adanya cita-cita dan lingkungan teman
Elementary school students still need help learning Indonesian, so their motivation is low. One of the causes of low student learning motivation is influenced by the methods used by conventional teachers so that students are not actively involved in the learning process. One method that can motivate students to want to learn is giving assignments or recitation methods. The aims of this study were (1) to find out students' motivation before and after the application of the assignment method to Indonesian language learning (2) to find out whether the assignment method was effective in increasing student motivation in learning Indonesian at SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency. The type of research used is an experiment with a Pre-Experimental design; the approach used is Quantitative, with the research design used as one Group Pretest-Posttest. The population of this study were all Grade V students at SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency, while the sampling technique in this study was saturated sampling. The sample is Grade V students Class V students at SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency, totalling 35 students. Data collection methods in this study are questionnaires and documentation. The research data analysis technique used descriptive and statistical analysis to test the hypothesis using the Wilcoxon and N-Gain tests. The results of this research are students' learning motivation before applying the assignment method, with an average value of 76.3. As for the motivation to learn after applying the assignment method, with an average value of 86. Through hypothesis testing, the value of Sig = 0.000 <0.005 with an average of 0.4638 is in the medium category. Based on these results, giving assignments effectively increases student learning motivation by 46.3%, while other factors influence the remaining 53.7%. It can be interpreted that (1) applying the assignment method affects learning motivation because the effect is 86%. So it is suspected that 14% of other factors influence learning motivation. This is presumed to be the environment. (2) The Effectiveness of Applying the Assignment Method to the Motivation and Learning Achievement of Indonesian Language Class V Students in Class V SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency in the moderate category. (3) In addition to applying the assignment method, other factors influence student learning motivation, namely the family environment, the role of the teacher, the existence of ideals and the circle of friends
Downloads
References
Adiatman, Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa, Skripsi (Makassar: UIN Alauddin, 2011).
Akhadiah, Sabarti, dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia (Jakarta: Erlangga, 1994).
Alim, S., & Rakhmat, H. A. B. (2020). The construction of academic optimism scale (AOS) to describe optimism in educational Setting. Ecosystem, 20, 199–206.
Anisatun, Siti. Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006).
Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), Cet. Ke 3.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).
Gredler, Margaret E Bell, Munandir. Belajar dan Membelajarkan, cet2 (Jakarta: Grafindo Persada 1994).
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, Ed 1, cet. 15, 2015).
Krissandi, dkk. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD, (Bekasi: Media Maxima, 2018).
Liani, Dimitra dkk, “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Menerapan Metode Resitasi”, (Jurnal Pendidikan UNS. Vol. 1 No.1. 2013).
Listyarti, Retno. Pendidikan KarakterDalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif (Jakarta: Erlangga, 2012)
Marpaung, Junierissa. “Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Plus dengan Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam”, Jurnal KOPASTA, Vol. 3No. 2, 2016. (diakses www.journal.unrika.ac.id 20 Oktober 2022, pukul 08.00 WITA).
Pramusinta, Yulia. “Penerapan Metode Demonstrasi Dan Resitasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fiqh Kelas 2 Di Mi Darul Ulum Bojonegoro”, At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2 No.1, 2018. (diakses pada 22 oktober 2022, pukul 10.00 WITA).
Prawati, Siska. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang”, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 4 No. 1, hlm 6. (diakses November 2022 pukul 21.30 WITA).
Rahmayanti, Charles Kapile, dan Amiruddin, “Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Toriapes Kasimbar”, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1 No. 3. (diakses 19 Oktober 2022 pukul 19.30 WITA).
Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2008).
Rusman, Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: Rajawali Pers. 2018).
Salam, Rosdiah, dan Muh. Faisal. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi, (Watampone: Syahadah Crative Media, 2017).
Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2018)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.3. No. 1 (2015). Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: PT Rineka
Suryaman, Maman. Metodologi Pembelajaran Bahasa (Yogyakarta: UNY Press, 2012).
Thoifah, I’anatut. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif, (Malang: Madani, 2015).
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan (Bandung: ALFABETA, 2009).
Tim Penyusun Universitas Bosowa. Pedoman Penulisan Tesis, (Makassar: Panrita Press Universitas Bosowa. 2019).
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/ RA & Anak Usia Kelas Awal SD/ MI. (Jakarta: Kencana, 2011).
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007).
Yanti, Supri dkk. “Hubungan Antara Kecemasan Dalam Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Ilmiah Konseling, Vol. 2 No. 1, Januari 2013, hlm 286. (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor diakses 23 September 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Supriadi Supriadi, Mas'ud Muhammadiah, Syahria Madjid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.