Analisis Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Kapupaten Paniai, Provinsi Papua
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1877Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Bimbingan Guru, Perilaku SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi peran pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Kabupaten Paniai Papua dan mendeskripsikan bimbingan guru terhadap perilaku sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Paniai Papua. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari pola asuh orang tua dan bimbingan guru sedangkan variabel terikat terdiri dari perilaku sosial. Populasi penelitian yaitu jumlah keseluruhan. Sampel penelitian adalah berjumlah 21 anak usia dini, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi peran pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Kabupaten Paniai Papua. Terdapat bimbingan guru terhadap perilaku sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Paniai Papua.
The research aims to this study aims to find out how the role of parenting parents contributes to the social behavior of early childhood in Kindergarten in Paniai Regency, Papua. And describe teacher guidance on early childhood social behavior in Kindergartens, Paniai Regency, Papua. The type of research used is the type of ex post facto research. The variables used in this study consisted of independent variables and dependent variables. The independent variable consists of parenting and teacher guidance, while the variable consists of social behavior. The research population is the total number. The research sample was 21 early childhood. The sampling technique in this study was using the purposive sampling technique. The results showed the contribution of the role of parenting to the social behavior of early childhood in the Kindergarten of Paniai Regency, Papua. There is teacher guidance on the social behavior of early childhood in the Kindergarten of Paniai Regency, Papua.
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Fahruddin, F. (2017). Peran Bimbingan Guru Dalam Meningkatkan Perkembangansosial-Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Azkia Sukabumi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Husnul, B. (2016). Konsep tumbuh kembang dan kompetensi pendidikan anak usia dini. Penerbit Panda.
Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.
Juwitaningrum (2006). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Kebahagiaan Perkawinan. diakses dalam www.library.gunadarma.ac.id/–
Juwitaningrum (2006). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Kebahagiaan Perkawinan. diakses dalam www.library.gunadarma.ac.id/–
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL-Ta Lim, 20 (3), 459. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Muliadi, B. (2020, July 7). What The Rise Of TikTok Says About Generation Z. Forbes.
Oualeng, H., & Hamid, S. (2021). Peran Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Pembentukan Afektif Siswa Di Sd Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(2), 76-80.
Rahim, R., Syamsuddin, A., & Usman, M. R. (2022). Measuring the Level of Validity of Blended Learning in the Mathematical Economics Course of Management Study Program. Educational Sciences: Theory & Practice, 22(2), 42-55.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitas dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deni Tenouye, Sundari Hamid, Andi Hamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.