Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Karakter dan Prestasi Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone

Authors

  • Ratnawati Ratnawati Sekolah Dasar Negeri 244 Lapasa
  • Mas'ud Muhamamdiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syahria Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2638

Keywords:

Bimbingan Orang Tua, Karakter, Prestasi Belajar

Abstract

Dorongan dan bimbingan belajar dari orang tua serta pemberian pengetahuan sangat bermanfaat sekali bagi anak. Orang tua seharusnya menjadi pendidik yang memberikan pengetahuan terhadap anak-anaknya, serta memberikan sikap dan keterampilan yang memadai, memimpin keluarga, dan mengatur kehidupannya, memberikan contoh sebagai keluarga yang ideal, dan bertanggung jawab dalam kehidupan keluarga, baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa bimbingan orang tua mempengaruhi karakter dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap karakter dan prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 244 Lapasa sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product  moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan orang tua berpengaruh signifikan terhadap karakter dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Adapun kontribusi pengaruhnya adalah sebesar 68% sumbangan dari faktor bimbingan orang tua.

Encouragement and guidance from parents as well as providing knowledge are very beneficial for children. Parents should be educators who provide knowledge to their children, provide good attitudes and skills, lead the family and manage their life, set an example as an ideal family, and be responsible in family life, both physically and spiritually. This research is based on the fact that parental guidance affects students' character and learning achievement. This study aimed to determine the effect of parental guidance on character and learning achievement in participating in Indonesian language learning in fourth-grade students at SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency. This research is an ex-post facto research with a quantitative approach. The population in this study were all students of SDN 244 Lapasa, while the sample used was grade IV students at SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency, totaling 35 people. Data collection uses a questionnaire and documentation method. The data analysis technique used to test the hypothesis is the product-moment correlation technique. The results of this study indicate that parental guidance significantly affects the character and learning achievement of IV SDN 244 Lapasa, Mare District, Bone Regency. The contribution of the influence is 68% contribution from the parental guidance factor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ahmadi, Abu. (1991). Pengertian Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

ArifTiro, Muhammad. (2001). Dasar-dasar Statistika. Makassar: MSU Press.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunarso, Singgih. (1985). Pengertian Keluarga. Bandung: Yrama Widya.

Hasan, M. Iqbal, (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hadi, Sutrisno. (1989). Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hakim, Thursan. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Mulyai Sumantri dan Johar Pramana. (2001). Strategi Belajar mengajar. Bandung : CV.Maulana.

Nurkancana, Wayan P.P.N. Sumartana. (1986) Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Prayitno, UT. (2000). Lingkungan Keluarga. Jakarta: Rineka cipta.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sri Rumini, D. (2006). Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: UNY Press.

Santoso, 2(009). Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, (1989). PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitia Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Syaiful, Bahri, Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Universitas Bosowa. (2019). Pedoman Penulisan Tesis. Makassar: Panrita Press Universitas Bosowa.

Wijaya, Juhana. (1988). Psikologi Bimbingan. Bandung: Eresco

Winataputra, Udin S. dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam. Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ratnawati, R., Muhamamdiah, M., & Madjid, S. (2023). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Karakter dan Prestasi Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Bosowa Journal of Education, 3(2), 133–137. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2638

Most read articles by the same author(s)