Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Strategi Know, Want, Learning (K-W-L) Di Kabupaten Sidrap

Authors

  • Misnawati Lapi Sekolah Dasar Negeri 5 Lawawoi Kabupaten Sidrap
  • Syahria Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3877

Keywords:

Strategi Know-Want-Learn (K-W-L), Kemampuan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa,  peningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, dan penerapan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sampel berjumlah 18 siswa, terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan membaca pemahaman.Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan nilai rata-rata 57,02 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 55%,  begitu pula dengan tes hasil belajar dengan nilai rata-rata 52,33 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 33%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yakni nilai rata-rata setiap individu 86,27 dengan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 89% untuk kemampuan membaca pemahaman dan untuk hasil belajar mengalami peningkatan nilai ratar-ata yakni 89,41 dengan kriteria ketuntasan sebesar 94%..

The research objectives were to find out: (1) the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving students' reading comprehension learning outcomes, (2) the improvement of reading comprehension learning outcomes, and (3) the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving students' reading comprehension learning outcomes in fifth grade UPT SD Negeri 5 Lawawoi. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The sample amounted to 18 students, consisting of 8 male students and 10 female students. The data collection methods used are tests and observations, while the data analysis techniques used are analyzing the results of observations and analyzing the results of reading comprehension ability tests. Based on the results of the analysis, the results of the reading comprehension skills test in cycle I were obtained with an average value of 57.02 and the criteria for learning completeness reached 55%, as well as the learning outcomes test with an average value of 52.33 and the criteria for learning completeness reached 33%, then experienced an increase in cycle II, namely the average value of each individual 86.27 with the criteria for learning completeness reaching 89% for reading comprehension skills and for learning outcomes increased the average value of 89.41 with the criteria for completeness of 94%. Based on these results, it can be concluded that the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving student reading comprehension learning outcomes in fifth grade students of UPT SD Negeri 5 Lawawoi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu, and Widodo Supriyanto. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahuja, P. & G.C Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif Dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran: Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulkum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Anitah W, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran Di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bekkouche, Hiba, andHiba Tiouane. 2022. “The Effect of the K. W. L Strategy Chart in Enhancing Students Reading Comprehension Skills.” University of Mohamed Seddik BenYahia. Jijel.

Bellanca, James. 2007. Graphic Organizers. USA: Crowin Press.

Benjamin, Bloom. 1966. Taxonomy Of Educational Objectives. USA: University Of Chicago.

Boliti, Sukamong. 2009. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 2(2): 12–23.

Djojosuroto, Kinayati. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book.

Dongoran, J., and R. Antoni. 2018. “Improving Students’ Reading Comprehension Of Narrative Text Through KWL at Eight Grade Of SMP Negeri 8 Rambah.” Journal of English Education 4(1): 15–26.

Fanany, Burhan El. 2012. Teknik Membaca Cepat Trik Efektif. Yogyakarta: Araska.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandarwassid& Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Rosda Karya.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Madjid, Syahriah. 2017. Improving Academic Writing Skills ThroughContextualTeaching Learning For Students: Universitas Bosowa Makassar.

Mantahir, Hamsiah, Andi, Muhammadiah, Mas’ud.2019. Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. KLASIKAL: Journal of Education, Language Teaching and Science, Vol. 1 No 3 (2019), 87-98. DOI: 10.52208/klasikal.v1i3.54

Mulyati, Yeti. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2): 151–72.

Nunan, David. 1999. Second Language Teaching & Learning. Boston: Heile & Heinle Publishers.

Nurdin, Ismail, and Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nurwidyayant, N., Hamid, S., & Majid, S. (2021). Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Di SD Kristen Elim Makassar.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Qurbonova, Nigina. 2022. “The Usage Of K-W-L (Know, Want To Know, Learn) Method In Teaching Reading Hortatory.” International Conference on Developments in Education (2007): 52–54.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratumanan, T. G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Safitri, Dewi Nur. 2022. “Penerapan Strategi KWL (Know Want To Know-Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik.”

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subana, Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai. Pendekatan, Metode Dan Teknik Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukirno. 2009. Sistem Membaca Pemahaman Yang Efektif. ed. UMP Press. Purworejo.

Suyono, & Hariyanto. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsudin, and Damaianti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Membaca. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zouhor, Zekri A. M., Ivana Z Bogdanovic, Sonja J Skuban, and Milica V. 2017. “know-want-learn strategy on sixth-grade students’.” Journal of Baltic Science Education 16(6): 946–57.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Lapi, M., Madjid, S., & Muhammadiah, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Strategi Know, Want, Learning (K-W-L) Di Kabupaten Sidrap. Bosowa Journal of Education, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3877

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>