Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial Dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha Di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar

Authors

  • Andi Nurhayati Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmania Rahmania Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3825

Keywords:

Pramuka, Kepedulian Sosial, Kedisiplinan, Alpha, SEM

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha,  mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha, dan mengetahui severapa besar pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter soaial siswa generasi alpha, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan terhadap karakter sosial siswa generasi alpha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korasional. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM PLS dengan 60 sampel siswa kelas IV, V, dan VI SDN Baraya II Kota Makassar. Berdasarkan nilai koefisien jalur didapatkan bahwa variabel keaktifan mengikuti pramuka tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel karakter sosial. Variabel kepedulian sosial tidak memiliki pengaruh yang singnifikan dengan nilai koefisien.

This study aims to determine: (1) the effect of active participation in scouts on the social care character of alpha generation students, (2) the effect of active participation in scouts on the discipline of alpha generation students, (3) how the effect of active participation in scouts on the social character of alpha generation students, (4) how discipline affects the social character of alpha generation students. This research is a quantitative study with a correlational method. Data processing was carried out using the SEM PLS approach with 60 samples of students in grades IV, V, and VI of SDN Baraya II Makassar City. Based on the coefficient value, it is found that the scouting activity variable does not have a significant influence on the social care character of alpha generation students. The scouting activity variable has a significant influence on the discipline of alpha generation students and the scouting activity variable has a significant influence on the social character variable. The social care variable does not have a significant influence with the coefficient value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, N., dan Anggraeni, D. (2016). “Perilaku Prososial Remaja dalam Perspekif Bimbingan dan Konseling”. Jurnal TA'DIB , 1-144.

Azrul, Azwar. 2009. Gerakan Pramuka: Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jakarta: Tunas Media.

Badan Pusat Statistik. 2021. Sensus Penduduk Tahun 2020. Jakarta.

Buchari, Alma dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kodir dan Hari. 2021. “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Sikap Sosial Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPI As-Shofiani Ahmadi”. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. Universitas Panca Sakti.

Lanier, K. 2017. 5 Things HR Professionals Need to Know About Generation Z. Strategic HR. London: Deenpublisher.

Latan dan Ghozali. 2012. "Konsep Masyarakat Menurut Murtadha Muthahhari (Sebuah Kajian Filsafat Sosial” Jurnal Pendidikan Terpadu.

Murthada, dkk. 2018. Konsep Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Utama.

Natamia, dkk. 2022. “Perspektif Behaviorisme Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SD Negeri 1 Simo Boyolali”. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun XII, Nomor 1

Purnawati dan Nurhayati. 2022. “Sifat dan Karakter Generasi Alpha Kota Semarang”. Jurnal Sekolah Dasar. FIKP UNESS.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, Avif Roy. 2012. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta”. (Online). Yogyakarta. FT UNY

Revell, L. And Arthur, J. 2007. “Character education in School and The Education Of Teachers.” Journal Of Moral Education 36 (1), 79-82.

Rifai. 2020. “Karakter Dasar Siswa SD Generasi Baru”. Jurnal Pedagogik. UNILA.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Uddin, dkk. 2016. “Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 193-197.

Virani, I. A. D., dkk. 2016. “Deskripsi Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng”. MIMBAR PGSD Undiksha. 4 (2).

Yuliani, Rini, dkk. 2016. “Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka (Studi Kasus Kegiatan Kepramukaan Di SD Negeri Citapen Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Tahun 2015/2016”. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 3 No 2.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurhayati, A., Yunus, M., & Rahmania, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial Dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha Di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 159–166. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3825

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>